Tamowangkai: Pencatatan dan Pengurusan Berkas Hanya Bisa Dilakukan Disdukcapil

Reporter : | 10 Aug, 2014 - 13:50 WITA

RATAHAN, (manado24.com) – Menanggapi Permintaan sejumlah masyarakat dan LSM agar pengurusan berkas perkawinan diserahkan di kecamatan karena terkendala biaya transport, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatal Sipil Minahasa Tenggara (Mitra) Ventje Tamowangkai SH mengatakan, itu tidak bisa dilakukan.

Karena menurutnya, berdasarkan Undang-Undang, tidak membenarkan pencatatan dilakukan oleh camat atau stafnya. ”Pencatatan hanya boleh dilakukan oleh Instansi Pelaksana yakni Disdukcapil Kabupaten atau Kota serta Unit Pelaksana Teknis Daerah. Atau UPTD,” jelasnya.

Di Mitra sendiri saat ini belum ada UPTD. Ke depan, ia mengatakan sudah ada rencana membentuk UPTD.

Ditambahkannya, pencatatan perkawinan di lakukan di Instansi Pelaksana untuk menghindari hal- hal yang dapat mengganggu pencatatan.

”Bila ada jaminan dari kecamatan bahwa tidak akan terjadi hal hal yang itdak diinginkan maka pencatatannya dapat dilakukan di tempat peristiwa,” tukasnya.

Permintaan masyarakat tersebut tambahnya, sangat bagus tapi di sisi lain, pihaknya tidak bisa menabrak aturan.

Saat ini, semua pengurusan di Capil dibebaskan dari biaya. SesuaiĀ  UU 24 tahun 2O13, semua pengurusan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil tidak dipungut biaya apapun oleh Instansi Pelaksana dan di Kabupaten Minahasa Tenggara dan sejak Januari 2O14 sudah digratiskan. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on