Pria ini Menjalani Operasi Otak Sambil Bermain Biola

Reporter : | 11 Aug, 2014 - 12:25 WITA

Roger Frisch, Minnesota Orchestra,  tremor esensial, Deep Brain Stimulation

(foto: everydayhealth.com)

LONDON, (manado24.com) – Seorang pemain biola yang menderita tremor, membantu ahli bedah untuk menemukan tempat yang tepat di otaknya untuk ditempatkan implan dengan memainkan alat musiknya selama operasi berlangsung.

Roger Frisch, seorang master biola yang tampil bersama Minnesota Orchestra, didiagnosis tremor esensial pada tahun 2009, suatu kondisi yang terjadi ketika bagian dari otak yang mengontrol gerakan mulai mengirimkan sinyal abnormal.

Kondisi Frisch bisa dikatakan ringan dan bagi orang lain tidak terlalu berpengaruh, tapi sebagai pemain biola, itu mengancam karirnya.

Dokter butuh beberapa tahun untuk menentukan diagnosis Frisch dan kemudian dia setuju untuk menjalani prosedur operasi Deep Brain Stimulation yang masih eksperimental.

Operasi melibatkan elektroda kecil yang ditanamkan ke otak, yang menurut dokter dapat memungkinkan dia untuk mengontrol kondisinya.

Agar elektroda dapat bekerja, itu harus ditanamkan persis di posisi yang tepat, menurut laporan everydayhealth.com.

Karena ahli bedah dapat melakukan operasi pada otak tanpa pasien merasakan sakit, pasien dapat secara real time apakah dan bagaimana tremor merespon ketika mereka menempatkan elektroda.

Tremor yang dimiliki Frisch begitu ringan, bagaimanapun, dokter bedahnya khawatir dia tidak bisa mengatakan apakah elektroda telah ditempatkan di tempat yang benar.

Dokter kemudian datang dengan ide yang cerdik, membuat Frisch memainkan biola-nya untuk membantu mereka menentukan dimana letak tremor-nya.

Accelerometer ditempatkan di ujung tongkat biola Frisch yang menggambarkan tremor ke dalam grafik pada layar komputer agar ahli bedah dapat melihatnya. Jadi sementara ahli bedah memasang elektroda, dia memainkan biolanya.

Frisch yang sudah menjalani operasi pada musim semi lalu, sudah kembali pada posisinya sebagai Associate concertmaster dengan Minnesota Orchestra.

Dia sekarang membawa perangkat kecil yang memungkinkan dia untuk menghidupkan atau mematikan tremor-nya dengan hanya menekan tombol yang mengontrol stimulator.

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on