Pakai Lensa Kontak Terus Menerus, Mata Wanita ini Buta Dimakan Parasit

Reporter : | 13 Aug, 2014 - 21:04 WITA

Lensa Kontak, Lian Kao,Acanthamoeba, Acanthamoebic keratitis

(foto: morgue20)

MANADO24 – Aturan kardinal saat menggunakan lensa kontak bertujuan untuk menjaga kebersihan dengan baik. Itu berarti membersihkan lensa kontak secara teratur dan membuang jika tidak layak pakai. Jika aturan ini tidak dipatuhi, pemakainya rentan terhadap infeksi, seperti yang terjadi pada mahasiswa Taiwan berusi 23 tahun, Lian Kao, yang terinfeksi oleh sebuah kutu yang menggerogoti bola matanya setelah tetap memakai lensa kontaknya selama enam bulan terus menerus.

Kutu berukuran mikroskopik yang memakan habis kornea mata milik Kao adalah amuba bersel tunggal Acanthamoeba, yang terkenal menyebabkan infeksi parah pada mata, kulit, dan sistem saraf pusat. Parasit umumnya ditemukan di tanah, debu, air hujan, dan bahkan kolam renang. Ketika itu melakukan kontak dengan lensa yang kotor, kutu itu akan mulai berkembang, dan jika mereka berada di mata seseorang, parasit itu akan mulai memakan kornea, sebuah kondisi yang disebut Acanthamoebic keratitis.

Infeksi jenis ini jarang terjadi. Hal ini sulit untuk terdeteksi sampai orang dengan bakteri di matanya mulai mengalami nyeri akut. Tahap awal infeksi dapat disembuhkan dengan obat dari dokter, tetapi diagnosis seringkali rumit, tertunda, dan umumnya tidak berhasil. The Journal of Optometry mendefinisikan Acanthamoeba keratitis sebagai komplikasi kebutaan yang disebabkan karena memakai lensa kontak terlalu lama. Kao telah mengenakan lensa yang sama selama enam bulan, bahkan saat berenang, tanpa sekali membersihkan atau melepasnya. Kelalaian ini harus dibayar dengan matanya.

Menurut Daily Mail, amuba telah memakan permukaan mata Kao, berkembang biak di ruang antara mata dan lensa. Direktur oftalmologi di Rumah Sakit Wan Fang Taipei, Wu Jian-Liang mengatakan: “Pemakai lensa kontak berisiko tinggi terkena penyakit mata. Kekurangan oksigen dapat merusak permukaan jaringan epitel, menciptakan luka kecil di mana bakteri dapat dengan mudah menginfeksi, menyebar ke seluruh mata dan memberikan tempat berkembang biak yang sempurna. Gadis itu seharusnya membuang lensa kontaknya setelah satu bulan, tetapi sebaliknya, dia memakainya berlebihan dan sekarang telah merusak korneanya secara permanen. ”

Para dokter sekarang menggunakan kisah Kao untuk mendidik 34 juta orang di Amerika dan 71 juta orang di seluruh dunia yang menggunakan lensa kontak. Acanthamoeba bertanggung jawab atas 95 persen kasus keratitis yang dilaporkan dan dokter mendesak pemakai lensa kontak untuk berlatih melakukan langkah-langkah pencegahan. Membersihkan lensa kontak secara teratur dengan pembersih yang aman, hindari membersihkan dengan air, tidak berenang, mandi, atau menggunakan bak mandi air panas sambil memakai lensa kontak, dan menggunakan lensa kontak orang lain.

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on