Banyak Ormas dan LSM di Mitra Belum Terdaftar di Kesbangpol

Reporter : | 14 Aug, 2014 - 19:50 WITA

RATAHAN, (manado24.com)- Banyak Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), maupun Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), di Minahasa Tenggara (Mitra), liar alias kurang jelas.

Diungkapkan Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Mitra Novri Raco, sampai saat ini hanya lima Ormas maupun LSM yang terdaftar atau melaporkan keberadaan mereka di Mitra.

“Yang terdata hanya Brigade Manguni, sisanya adalah kelompok pencinta alam, seperti Aramic, Dormansi, Degs Brother, dan Mundung. Mereka ini sudah memiliki surat keterangan terdaftar,” ujar Raco Kamis (14-08).

Ditambahkannya, beberapa ormas besar ternyata belum juga melaporkan keberadaan mereka di Mitra, yang telah diatur Permendagri 33 Tahun 2012 tentang Pedoman Pendaftaran Ormas.

“Meski mereka ada kepengurusan di pusat, tetap mereka harus melaporkan keberadaan mereka, termasuk pengurus yang ada di Minahasa Tenggara, karena itu sesuai dengan aturan,” jelasnya.

Pihaknya lanjut Raco, tetap akan melakukan pengawasan terkait dengan kegiatan-kegiatan Ormas. Sementara itu salah satu organisasi kepemudaan, seperti KNPI belum juga melaporkan keberadaan mereka di Kesbangpol.

Ketika dikonfirmasi ke Ketua KNPI Mitra Hesky Naray, pihaknya sudah pernah melaporkan kepengurusan mereka. “Kita sudah laporkan, tapi karena ada perubahan pengurus kita belum laporkan lagi ke Kesbangpol, tapi SK perubahannya sudah ada, tinggal kita laporkan kembali ke Kesbangpol,” tukasnya. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on