Gunakan Ponsel Saat Badai Tingkatkan Resiko Disambar Petir, Meski Dalam Ruangan

Reporter : | 17 Aug, 2014 - 16:42 WITA

TORRO, petir, mitos, mitor petir,

(foto: imago/barcoft media)

MANADO24 – Agustus adalah bulan dimana kemungkinan besar Anda akan disambar oleh petir. Penelitian menunjukkan bulan musim panas adalah waktu puncak badai, dan meskipun berusaha untuk menghindari cuaca buruk, itu tidak menghentikan Anda untuk disambar petir.

Temuan dari Organisasi Riset Tornado dan Badai (TORRO) menunjukkan petir dapat dengan mudah menyerang rumah, melalui gelombang arus listrik dari kawat logam atau pipa besi.

Organisasi yang telah meneliti petir, badai dan tornado sejak didirikan pada tahun 1974, mengatakan orang yang disambar petir di luar ruangan hampir sama banyak dengan yang disambar petir dalam ruangan meskipun jendela dan pintu di tutup.

Derek Elsom dan Jonathan Webb mengatakan kepada thetimes.co.uk bahwa seperempat dari semua kejadian dalam ruangan terjadi ketika orang itu menggunakan atau menyentuh ponsel mereka, salah satu hal yang paling berbahaya dilakukan saat badai.

Peneliti dari TORRO mengungkapkan bahwa 722 orang telah disampar petir di Inggris antara 1988 dan 2012, rata-rata 29 setiap tahun.

Angka ini didapatkan dari media, laporan NHS dan insiden yang dikirimkan oleh masyarakat.

Survei mereka, yang dipublikasikan dalam jurnal Royal Meteorological Society for Weather, juga menangani mitos tentang disambar petir.

Benda logam, seperti kalung dan gelang, tidak menarik petir, tetapi itu meningkatkan risiko terkena luka bakar.

Ponsel dan earphone tidak menarik petir, tetapi mereka juga dapat meninggalkan luka bakar dan membantu petir untuk masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan cedera yang lebih serius.

Berkeringat juga memiliki risiko lebih besar disambar petir, karena kelembaban langsung menguap. Kaki yang berkeringat juga dapat membuat sepatu meledak, kata mereka.

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on