Pemkab Minahasa Revitalisasi Danau Tondano dengan Dana Segar 72 M

Reporter : | 18 Aug, 2014 - 22:05 WITA

TONDANO, (manado24.com) – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi mencanangkan Revitalisasi Danau Tondano, di Kelurahan Toulour, Kecamatan Tondano Timur, Minahasa, Senin (18/8/2014).

Kegiatan diawali dengan Laporan Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi 1 Ir Bob Lombogia MSi ini, turut dihadiri oleh Ketua TP PKK Dr Olga Sajow-Singkoh MHum, Kejari Tondano Risman Tarihoran SH MH, Kasdim 1302 Mayor Inf Imam Buchori, Kabag Ops Polres Minahasa, para pejabat Pemkab dan pihak Konsultan PT Inakko International Konsulindo Yuli Giswantoro serta undangan lainnya.

Dalam laporan Kepala Balai Wilayah Sungai Bob Lombogia mengatakan ada 4 konsep revitalisasi danau yang akan dilaksanakan, yaitu Pembangunan cekdam, Pengendalian laju pertumbuhan eceng gondok, Pembangunan drainase di daerah inlet dan Pembangunan pintu pengatur di daerah outlet.

“Pembangunan ini akan diselesaikan dalam waktu 4,5 bulan, dengan anggaran sekitar 72 Millyar,” tandasnya.

Sementara Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow memberikan apresiasi kepada Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi 1 yang telah berjuang untuk pembangunan Danau Tondano dengan alokasi anggaran berkisar 72 Milyar ini.

“Dana yang tersedia ini besar, namun diakui masih diperlukan dana yang lebih besar lagi untuk pelaksanaan revitalisasi yang lebih optimal,” urai Bupati.

Diharapkan dia, agar pemerintah dan masyarakat Kelurahan Toulour dan sekitarnya untuk membantu dalam menjaga fasilitas peralatan yang digunakan dalam pembangunan ini.

“Mohon dukungan dan bantuan dari semua pihak untuk turut menjaga Danau Tondano ini, karena ini ciptaan Tuhan yang berharga dan sangat berarti bagi kehidupan masyarakat Minahasa” kata Bupati.

Acara diakhiri dengan demonstrasi pengangkatan eceng gondok dengan alat berat ‘loader’ yang dikendarai dan dioperasikan oleh Bupati JWS sendiri, yang dilanjutkan dengan pelepasan Lomba Balap Perahu di lokasi tersebut. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on