Pemekaran Kecamatan di Kota Tomohon Diwacanakan

Reporter : | 19 Aug, 2014 - 09:54 WITA

TOMOHON, (manado24.com) – Setelah sekian lama tidak ada pemekaran, wacana pemekaran di Kota Tomohon mulai diwacanakan. Saat ini, ada dua kecamatan yakni Kecamatan Tomohon Utara dan Kecamatan Tomohon Selatan yang dinilai sudah layak untuk dimekarkan.

Kecamatan Tomohon Utara saat ini memiliki 10 kelurahan, sementara Kecamatan Tomohon Selatan saat ini terdiri dari 12 keluarahan. Julius KP Mandagi dan Thomas H Pangemanan, pemerhati pemerintahan dan kemasyarakatan Kota Tomohon mengungkapkan, Kecamatan Tomohon Utara dan Tomohon Selatan sudah layak untuk dimekarkan. Selain syarat jumlah kelurahan yakni minimal 5 kelurahan, jumlah penduduk dan pendekatan pelayanan juga merupakan alasan untuk dimekarkan.

‘’Kalau ada pemekaran, kemajuan akan cepat dicapai. Lihat saja kecamatan-kecamatan yang dimekarkan seperti Tomohon Barat dan Tomohon Timur. Kemjuannya sangat pesat,’’ ujar keduanya.

Kota Tomohon sendiri awalnya hanya  satu kecamatan. Kemudian, untuk membentuk sebuah daerah otonom, minimal memiliki tiga kecamatan. Dimekarkanlah Kecamatan Tomohon menjadi tiga kecamatan yakni Tomohon Tengah, Tomohon Utara dan Tomohon Selatan.

Setelah Tomohon menjadi daerah otonom melalui UU Nomor 10 Tahun 2003 tentang Pemekaran Kabupaten Minahasa Selatan dan  Kota Tomohon, Kecamatan Tomohon Tengah dimekarkan lagi menjadi Kecamatan Tomohon Tengah, Kecamatan Tomohon Barat dan Kecamatan Tomohon Timur. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on