TNI/Polri Siap Amankan Sidang Putusan Sengketa Hasil Pilpres 2014

Reporter : | 20 Aug, 2014 - 23:55 WITA

JAKARTA, (manado24.com) – TNI dan Polri menyatakan siap untuk mengamankan sidang putusan sengketa hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, rencananya digelar Kamis (21/8/2014) besok.

Mayjen TNI Fuad Basya, selaku Kepala Pusat Penerangan Markas Besar TNI mengatakan, tak ada perbedaan signifikan untuk persiapan pasukan mengamankan sidang putusan MK.

“Prinsipnya, apa yang kita lakukan tak beda jauh dengan pengamanan selama ini, baik itu saat pileg maupun pilpres. Kekuatan yang kita persiapkan dan berikan kepada Polri, itu tak ada perbedaan,” kata Fuad di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

Lanjutnya, TNI akan menurunkan 30 ribu pasukan di seluruh Indonesia. Selain itu, Panglima Jenderal TNI Moeldoko juga menyiapkan pasukan khusus.

“Panglima TNI siapkan satuan khusus termasuk Paskhas, Kopassus dan Kostrad, untuk diperbantukan seandainya eskalasi meningkat,” tukasnya.

Sementara Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombespol Rikwanto menjelaskan, Polri akan menurunkan sekitar 3.500 personel Polri di sekitar gedung MK.

“Sistem pengamanan akan dibagi dalam empat ring,” tandasnya.

Dijelaskannya, ring satu adalah ruang sidang, ring dua sekitar gedung sampai halaman MK, ring tiga di daerah Harmoni, Bundaran Air Mancur, Patung Kuda, sedangkan ring empat di radius beberapa meter dari gedung MK.

“Kami juga akan berlakukan sistem pengamanan kota dan kontigensi. Akan ada kurang lebih 21.000 personel kepolisian, dibantu unsur lainnya menempati posisi tertentu di seluruh wilayah jakarta,” pungkasnya. (ton)

(dari berbagai sumber)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on