“Pemprov Sulut Kelebihan Jumlah PNS, Tapi Kurang Tenaga Teknis”

Reporter : | 21 Aug, 2014 - 14:27 WITA

SULUT, (manado24.com) – Kekurangan jumlah tenaga pegawai yang kerap didngungkan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) selama ini, dibantah Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Setdaprov Sulut Jemmy Ringkuangan AP, MSi.

Menurut Ringkungan, jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemprov Sulut sekitar 5000-lebih, dinilai masih sangat cukup. Hanya saja, Pemprov Sulut kekurangan tenaga teknis.

“Sesuai analisis pegawai dan beban kerja, kita kelebihan pegawai. Namun, kita sangat kurang tenaga teknis,” jelas Ringkungan, saat berbincang dengan manado24.com.

Dijelaskan dia, paling banyak PNS di Pemprov Sulut adalah dari tenaga umum. Untuk itu, harus ada penataan sistim pegawai yang dilakukan instansi terkait.

“Contohnya, meminimalisir terjadinya penumpukan pegawai dibeberapa organisasi, sedangkan di organisasi kurang,” tandasnya.

Ringkuangan menambahkan, untuk mengantisipasi kekurangan tenaga teknis, ada dua hal yang perlu dilakukan. Pertama adalah rekrutmen, sedangkan kedua pelatihan tenaga umum menjadi tenaga teknis.

“Bagi saya, dua-duanya butuh anggaran. Tapi lebih penting kemungkinan besar dilakukan bimtek untuk tenaga teknis. Sebab, akan lebih mudah dan cepat dilakukan bimtek daripada rekrutmen,” pungkasnya. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on