Siapa Yang Akan Gantikan SHS Jabat Gubernur Sulut ?

Reporter : | 21 Aug, 2014 - 23:28 WITA

Dari Diskusi Bertajuk Kriteria Gubernur Sulut Pasca SHS

SULUT, (manado24.com) – Siapa pengganti DR. Sinyo Harry Sarundajang dari kursi Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) yang akan mengakhiri jabatannya Bulan September Tahun 2015 nanti, mulai mencuat. Hal itu terlihat dari diskusi bertajuk “Kriteria Gubernur Sulut Pasca SHS” yang digagas pengamat politik dan pemerintahan Taufik Tumbelaka, di salah satu restoran di Manado, Kamis (21/08/2014).

Dalam diskusi yang diikuti pengamat politik dan sejumlah jurnalis, sejumlah nama pun disebut-sebut bisa ‘menakhodai’ Bumi Nyiur Melambai untuk Periode 2015-2020 nanti.

Menariknya, dari hasil diskusi terbatas itu, nama-nama yang mencuat berasal dari berbagai kalangan, baik birokrasi aktif dan pensiunan, politik, TNI/Polri, dan lainnya.

Dari birokrat aktif, diantaranya disebut Wakil Gubernur DR. Djouhari Kansil MPd, Sekdaprov Sulut Ir SR Mokodongan, dan Inspektur Sulut Drs. Mecky Onibala. Dan dari mantan birokrat salah satunya adalah Drs. Robby Mamuaja.

Untuk unsur politisi, nama DR. Ir. G.S. Vecky Lumentut (Walikota Manado, Ketua DPD Partai Demokrat Sulut), Olly Dondokambey (Anggota DPR RI, Ketua DPD PDI Perjuangan Sulut), Drs Hanny Sondakh (Walikota Bitung), DR. Maya Rumantir (Anggota DPD RI asal Sulut), Aryanthi Baramuli Putri (Anggota DPD RI asal Sulut).

Sedangkan unsur TNI/Polri, disebut-sebut Irjen Pol Drs Benny Mamoto, Laksda TNI Willem Rampangiley (Mantan Danlantamal VIII Manado, Deputi Menkokesra).

“Saya pikir yang paling pas menggantikan SHS, adalah figur yang memiliki kriteria merakyat, bisa angka perekonomian, kebudayaan di Sulut, dan mampu meneruskan sejumlah megaproyek di Sulut,” tandas Budi Rarumangkay, salah satu wartawan.

Sementara Simon Making wartawan Komentar, menilai jika kriteria seorang pemimpin Sulut, adalah dermawan, tegas, tulus melayani, dan memiliki komitmen atas kepentingan rakyat Sulut.

“Dan harus berani lawan praktek KKN,” tambahnya.

Taufik Tumbelaka menambahkan, standart yang dibuat SHS menjadi seorang gubernur, memang sangat berat.

“Ini disadari atau tidak. Standart untuk menjadi gubernur seperti SHS, memang sangat berat. Harus memiliki kriteria diatas rata-rata,” kata dia, sembari mengatakan nama-nama yang mencuat ini, bisa diprediksi masuk memperebutkan kursi orang nomor satu di Sulut nanti. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on