Lima Makanan Super Sehat yang Harus Anda Makan !!

Reporter : | 24 Aug, 2014 - 00:25 WITA

makan sehat, sehat, nutrisi, tips sehat,

Mangga (foto: morguefile)

MANADO24 – Sehat, sebagian besar orang pasti menempatkan itu pada prioritas utama, banyak cara untuk menjaga tubuh kita tetap sehat, selain berolahraga, makan makanan yang sehat dan penuh nutrisi juga sangat penting.

Banyak makanan yang sehat namun juga banyak makanan yang sangat sehat dan penuh dengan hal-hal yang baik untuk tubuh. Berikut adalah lima makan lezat dan penuh dengan nutrisi yang harus Anda makan.

1. Mangga

Buah tropis yang lezat ini kaya akan vitamin A, B, C dan E dan dianggap sebagai makanan super, khususnya di kalangan perempuan. Polifenol yang ditemukan di mangga telah terbukti membantu mengurangi perkembangbiakan sel kanker payudara menurut penelitian yang diterbitkan oleh Departemen Food and Science. Polifenol yang sama juga mampu mengurangi peradangan pada sel kanker dan non-kanker, membuatnya menjadi tambahan yang bagus untuk makanan pencegah kanker.

2. Makanan fermentasi

Makanan-makanan termasuk acar kubis, kimchi, kombucha, kefir dan sayuran yang difermentasi ini, sangat bergizi dan mudah dicerna. Proses fermentasi membuat nutrisi lebih bioavailable dan fermentasi bahkan dapat menghasilkan nutrisi tambahan seperti probiotik yang bermanfaat. Memakan makanan ini akan memberikan bakteri menguntungkan dalam sistem pencernaan, yang dapat membantu menyerap lebih banyak nutrisi dalam makanan yang dimakan.

3. Hati sapi

Banyak orang keberatan dengan gagasan untuk memakan hati, dengan berdasarkan bahwa hati adalah organ yang menyimpan racun dalam tubuh. Namun faktanya, sementara hati tidak menetralkan racun, hati juga tidak menyimpannya. Perlu diketahui, hati adalah organ yang menyimpan vitamin-vitamin yang sangat penting seperti A, D, E, K, B12 dan asam folat. Selain itu hati juga mengandung mineral seperti besi dan tembaga, yang membantu tubuh untuk membuang racun. Nutrisi ini juga baik untuk mata dan kulit, dan memproduksi sel darah merah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pilihlah hewan yang dibesarkan dengan cara alami, bukan dari hewan yang diberi hormon, antibiotik atau pakan komersial.

4. Coklat Hitam

Anda mungkin berpikir bahwa coklat hitam terlalu berlebihan jika disebut makanan sehat, tetapi dalam kenyataannya, itu mempunyai manfaat kesehatan yang hebat. Coklat hitam mengandung antioksidan, yang dapat membantu sel-sel untuk melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan kontaminasi lingkungan. Studi di Harvard telah menunjukkan cokelat hitam dapat membantu meningkatkan fungsi kolesterol dan endotel, dan bahkan, mungkin menurunkan tekanan darah dan gula darah. Pilihlah coklat organik yang setidaknya mengandung 70 persen kakao, dan selalu periksa label untuk memastikan tidak ada bahan kimia, pemanis buatan atau bahan yang tidak sehat lainnya.

5. Kenari

Kacang berukuran kecil dan sederhana ini memiliki protein, lemak sehat, sterol, antioksidan dan banyak vitamin juga mineral. Kenari juga mengandung beberapa senyawa saraf, yang berarti itu adalah makanan ideal untuk kesehatan otak. Vitamin E, folat, melatonin dan omega-3 asam lemak, bersama dengan antioksidan yang ditemukan dalam kenari, semua dapat membantu membuat otak lebih sehat. Menurut American Institute for Cancer Research, menambahkan kenari dalam makanan, adalah cara yang baik untuk mencegah kanker.

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on