Gubernur Sulut: APBD Perubahan Harus Pro Rakyat!

Reporter : | 24 Aug, 2014 - 21:00 WITA

SULUT, (manado24.com) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS) menegaskan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Tahun 2014, harus pro rakyat.

“Walaupun dalam penyusunan dan pelaksanaan APBD Tahun 2014 telah berpedoman pada ketentuan yang berlaku, namun kita diperhadapkan pada kondisi terkini yang menuntut adanya penyesuaian agenda dan program pembangunan. Oleh karena itu, perubahan APBD Tahun 2014, diharapkan akan dapat semakin menyentuh berbagai aspek pembangunan termasuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” demikian disampaikan dalam rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Provinsi Sulut Pdt Meiva Salindeho Lintang STh Sabtu (23/08) kemarin.

Menurut Sarundajang, adanya asumsi perubahan ini karena adanya tambahan pendapatan pada APBD 2014 sebesar Rp53.022.150.028,- di mana secara langsung merobah kebijakan pendapatan dan juga kebijakan belanja.

“Kebijakan pembiayaan anggaran terdiri dari penerimaan pembiayaan yang bersumber dari sisa lebih perhitungan anggaran tahun lalu sebesar Rp148.282.819.301,-, mengalami perubahan menjadi Rp249.406.244.305.-.

Dan untuk pengeluaran pembiayaan yang dialokasikan untuk penyertaan modal (investasi) pemerintah daerah sebesar Rp25.000.000.000.-, mengalami perubahan menjadi Rp.50.000.000.000.-,” terangnya.

Kata dia lagi, terdapat pembayaran atas hutang pekerjaan tahun sebelumnya dan terdapat berbagai kegiatan pada masing-masing SKPD yang perlu mendapatkan tambahan anggaran guna operasional pelaksanaan proses pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

“Termasuk juga upaya yang dilakukan ini merupakan perhatian dan komitmen Pemprov Sulut memacu gerak roda pemerintahan dan pembangunan, dalam rangka mewujudkan masyarakat yang semakin berbudaya, berdaya saing dan sejahtera,” tandas Sarundajang.

Hadir dalam rapat tersebut, Wakil Gubernur Sulut DR Djouhari Kansil MPd, Anggota Forkompinda Sulut, Sekdaprov Sulut Ir Siswa Rahmat Mokodongan, dan para Pejabat di lingkungan Pemprov Sulut. (ton)

 

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on