Walikota Bitung : Penghapusan Aset Harus Sesuai Prosedur

Reporter : | 25 Aug, 2014 - 11:17 WITA

hanny sondakh, walikota bitungBITUNG, (manado24.com) – Untuk menciptakan system pengelolaan keuangan dan asset yang baik, Walikota Bitung Hanny Sondakh, mengingatkan jajarannya agar penghapusan asset dilakukan sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50/PMK.06/2014 tahun 2014 tentang Tata Cara Pelaksanaan Penghapusan Barang Milik Negara.

“Intinya, penghapusan Barang Milik Negara perlu dilaksanakan sesuai mekanisme,  efisien, efektif, dan akuntabel agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari, ” kata Sondakh.

Sehubungan dengan hal ini,  Pemkot Bitung terus melakukan pembenahan dalam beberapa hal diantaranya adalah melakukqan penghapusan aset yang dinilai sudah tak layak yakni hilang, rusak berat, kadarluasa atau tidak produktif lagi.

Sebagai contoh kata Sondakh jika akan melakukan pembangunan gedung atau pengadaan aset lainnya, dimana terlebih dahulu harus melakukan penghapusan yang mendapat persetujuan dari dewan.

“Ketentuan penghapusan harus diikuti proses lelang untuk barang-barang yang masih memiliki nilai secara ekonomis. Dimana, hasil pelelangan harus disetorkan ke kas daerah karena merupakan kekayaan daerah,” tukasnya. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on