Pemkab Minahasa Ajukan Plafon Anggaran ke Pihak DPRD

Reporter : | 25 Aug, 2014 - 20:50 WITA

TONDANO, (manado24.com) – Pemkab Minahasa akhirnya mengajukan plafon anggaran terkait Kebijakan Umum Anggaran (KUA) APBD perubahan dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan APBD tahun Anggaran 2014, ke pihak DPRD Minahasa.

Pengajuan tersebut, disampaikan Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowiling Sajow MSi, dalam rapat Paripurna DPRD Kabupaten Minahasa, Senin (25/8/2014) di ruang sidang DPRD Minahasa, Tondano.

Menurut Sajow, sesuai amanat Permendagri No 23 tahun 2013, perubahan rencana kerja pembangunan daerah dapat dilakukan apabila hasil evaluasi pelaksanaan di tahun berjalan menunjukkan ketidaksesuaian dengan perkembangan keadaan.

Kata dia, dalam kurun waktu enam bulan berjalan, pelaksanaan APBD TA 2014 dihadapkan pada berbagai dinamika terutama yang berkaitan dengan perkembangan capaian target pendapatan yang tak sesuai asumsi KUA yang telah ditetapkan seperti PAD, dana perimbangan, serta pendapatan daerah lainya yang sah.

“Namun pada sisi belanja, perlu mengakomodir program dan kegiatan yang bersifat wajib dan mengikat seperti tunjangan guru PNSD, serta pengalokasian dana untuk pajak rokok dan lain-lain,” kata Sajow.

Lanjutnya, untuk penerimaan pembiayaan perlu dilakukan penyesuaian terhadap sisa lebih perhitungan anggaran (SILPA) TA 2013.

“Substansi pokok perubahan KUA dan perubahan PPAS untuk menyusun APBD 2014 meliputi, target Pendapatan Daerah yang meningkat dari Rp. 881.280.322.160,- menjadi Rp. 942.665.226.779,- . Artinya mengalami kenaikan sebesar Rp. 61.384.904.673, sedangkan target belanja daerah mengalami kenaikan sekitar Rp. 118 Milyar,” terang Sajow.

Diketahui, rapat Paripurna itu dipimpin Ketua DPRD Drs. Frits Tairas dan diikuti para Anggota DPRD Minahasa. Dan turut hadir dalam rapat tersebut, Kajari Tondano Risman Tarihoran SH MH, Ketua Pengadilan Negeri Novry Oroh SH MH, Wakapolres Minahasa Andri Hariyanto SIK, dan para Pejabat di Lingkup Pemkab Minahasa. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on