Tidak Dihadiri Dua Pimpinan DPRD, Perda RPJMD Mitra Disahkan

Reporter : | 26 Aug, 2014 - 15:55 WITA

Tidak Dihadiri Dua Pimpinan DPRD, Perda RPJMD Mitra Disahkan RATAHAN, (manado24.com) – Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) akhirnya disahkan Senin (25-08-2014) melalui Rapat Paripurna DPRD.

Walaupun tidak dihadiri Ketua DPRD Tonny Hendrik Lasut AM TM dan Wakil Ketua Delly Makalow, namun paripurna  tetap dilaksanakan karena sudah quorum. Rapat paripurna diawali dengan pembacaan agenda oleh pimpinan rapat, dilanjutkan dengan penyampaian laporan akhir Pansus yang dibacakan langsung oleh Ketua Pansus RPJMD, Meldy Untu.

“RPJMD menjadi pedoman bagi pemerintah daerah dalam menyusun program-program strategis untuk pembangunan Minahasa Tenggara lima tahun ke depan,” singkat Untu.

Katrien Mokodaser yang memimpin rapat paripurna  mengungkapkan, dalam sistem perencanaan pembangunan nasional, pemerintah daerah berkewajiban menyusun rencana pembangunan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. “RPJMD merupakan bagian dari penjabaran program-program strategis pemerintah daerah,” paparnya.

Sementara Bupati James Sumendap  dalam tanggapannya atas pendapat akhir kelima fraksi menyatakan, RPJMD menjadi tugasnya selaku pemerintah daerah. Dan atas perintah undang-undang maka wajib hukumnya bagi saya menyusun RPJMD. “RPJMD merupakan satu rangkaian yang menjadi satu kekuatan dalam program pembangunan. Ini penting karena visi misi saya harus dijabarkan dalam program ini,” ujarnya.

Menurut Sumendap, roh RPJMD adalah jembatan emas antara pemerintah pusat, provinsi dan pemerintah daerah yang didalamnya memuat visi misi atau program kepala daerah yang didalamnya juga tertuang seluruh aspirasi rakyat. “Dan tentu ini menjadi dasar dan arah bagi kita semua dalam menjalankan pembangunan di daerah ini lima tahun kedepan. Terima kasih dan apresiasi buat DPRD Mitra,” tukas Sumendap. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on