Astaga!!! Tunggakan Pelanggan PLN Mitra Capai Rp900 Juta

Reporter : | 27 Aug, 2014 - 12:52 WITA

RATAHAN, (manado24.com) – Perusahaan Listrik Negara (PLN) Cabang Ratahan terus berupaya meningkatkan pelayanan di Minahasa Tenggara (Mitra). Namun sangat disayangkan, investasi yang dilakukan pihak PLN sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini tak mendapat perhatian serius dari pelanggan untuk membayar tunggakan tagihan listrik.

Pasalnya, pihak PLN telah berusaha melakukab produksi dengan KWA 3.238.923 namun yang terjual hanya KWA 2.227.187, dengan susut KWA 1.009.789.

”Ini sudah termasuk yang tak bayar token, sekitar Rp 600 juta kerugian. Belum lagi dengan tunggakkan yang mencapai Rp900 juta,” kata Kepala Cabang PLN Ratahan Iwan Hutajun.

Dia mengakui dengan besarnya KWA ini, maka pihak PLN menginvestasikan mmset mencapai Rp1,040 milyar, namun sayangnya tunggakan sangat besar mencai Rp900 jutaan. “Paling banyak melakukan tunggakan listrik di wilayah Tombatu dengan jumlah pelanggan mencapai 1000 yang tidak menggunakan pulsa. Apalagi banyak warga yang menggunakan lampu liar seperti yang berada di jalan protokol,” tandas Iwan.

Ditambahkannya, kalau tunggakan pelanggan ini juga bukan tanggungjawab pihak PLN, tapi menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Mitra. Sebab kalau masyarakat rajin membayar tunggakan, maka akan ada PAD yang masuk ke kas daerah sebanyak 10 persen dari jumlah yang dibayar pelanggan per bulan.

“Kalau tunggakan pelanggan mencapai Rp900 juta, itu berarti ada Rp90 juta yang masuk ke kas daerah,” ujarnya, sembari berharap pemkab dan pemerintah desa dapat mengingatkan kepada warga yang menunggak untuk segera melunasinya. Belum lagi banyak penerangan jalan yang tidak menggunakan meter. Ini salah satu yang menyebabkan kerugian bagi PLN. Iwan yang baru seminggu menjadi Kepala Cabang PLN Ratahan ini menambahkan, dia akan melakukan pembenahan bertahap, hingga semua keluhan pelanggan dapat dipenuhi. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on