Tahun Depan, Peran PPNS di Pemprov Sulut Difungsikan

Reporter : | 27 Aug, 2014 - 23:28 WITA

Dari Rapat Dekonsentrasi Fasilitasi Pencitraan Satpol PP

Sekdaprov Sulut

Rapat dekonsentrasi fasilitasi pencitraan Satpol PP yang dibuka Sekdaprov Sulut

SULUT, (manado24.com) – Mulai Tahun 2014 mendatang, peran Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) di Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) akan lebih difungsikan. Hal itu terungkap dalam rapat dekonsentrasi fasilitasi pencitraan yang digelar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sulut, di Hotel Grand Puri Manado, Rabu (27/8/2014).

Kegiatan yang diikuti para Kepala Satpol PP dari Kabupaten/Kota se- Sulut ini, dibuka Sekdaprov Sulut Ir. S.R. Mokodongan. Dalam sambutannya, mengatakan jika PNS yang tersangkut masalah terkait dengan kedinasan, bakal diperiksa PPNS.

“Jika selama ini seorang PNS bermasah langsung dilaporkan ke pihak kepolisian atau kejaksaan, namun mulai Tahun depan sebelum ditangani aparat penyidik, terlebih dahulu diperiksa PPNS dari Satpol PP,” jelas Mokodongan.

Lanjutnya, 10 anggota Satpol PP Pemprov Sulut, baru selesai mengikuti Diklat PPNS di Jakarta dan telah mendapat sertifikat ditandatangani Menteri Hukum dan HAM dan Kapolri.

“Kalau ada laporan terkait PNS bermasalah, nanti akan diperiksa anggota Satpol PP yang telah bersertifikat PPNS, kemudian diserahkan ke aparat penyidik. Ini untuk peningkatan kualitas SDM dan citra Satpol PP,” tandas Mokodongan.

Sementara menurut Kepala Satpol PP Sulut Edwin Roring SE ME, kegiatan yang akan berlangsung selama empat hari ini, dalam rangka meningkatkan koordinasi dan penyamaan persepsi antara seluruh Satpol PP di Sulut.

“Selain itu untuk sinergitas pelaksanaan tugas dan fungsi di lapangan dalam penyelenggaraan ketertiban umum, trantib, penegakan Perda, dan pelindungan masyarakat,” kata Roring.

Ditambahkan di, kegiatan ini untuk menjadikan Satpol PP sebagai aparat yang memiliki komitmen dan konsistensi dalam menegakan Perda dan Produk lainnya.

Menjadi narasumber dalam kegiatan ini, Direktur Pol PP dan Linmas Ditjen PUM Kemendagri Ir. Asadullah. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on