Beroperasi di Sulut, Kendaraan Plat Nomor Luar Wajib Balik Nama

Reporter : | 28 Aug, 2014 - 19:25 WITA

SULUT, (manado24.com) – Dalam rangka penertiban kendaraan bermotor di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), pihak Kepolisian, Dipenda dan Jasa Raharja, melakukan kerjasama dalam mendukung percepatan registrasi untuk mendukung serta meningkatkan pembayaran pajak, sehingga mulai 1 september akan dilakukan pemeriksaan ke semua kendaraan yang berada di Sulut.

Kasubdityaksa Ditlantas Polda Sulut AKBP Ronal Rumondor didampingi Kepala UPTD Samsat Manado Drs Benny Kalonta MSi menegaskan, kalau untuk kendaraan luar daerah yang masuk ke Sulut, secara aturan harus melakukan balik nama dalam waktu 90 hari.

“Sesuai aturan, kendaraan luar daerah harus balik nama kendaraan atau mengganti dengan plat nomor di Sulut,” kata Rumondor, Kamis (28/8/2014).

Dijelaskan dia, pihak Dipenda dan Polda telah menerapkan sistem online untuk membantu seluruh UPTD Samsat di Sulut, sehingga dalam proses pengurusan baik BPKB, STNK dan Pajak akan lebih mudah. Contohnya, walaupun berada di luar Manado , sudah dapat melakukan pembayaran secara on-line sehingga tak terkena denda.

“Sebab banyak kendaraan dari luar daerah masuk ke Sulut, sesuai aturan yang ditetapkan harus segera balik nama. Bila itu instansi maka harus dilihat juga, karena pengurusannya berada di kementerian misalnya, kalau memang itu sudah dihibahkan maka layak untuk dilakukan balik nama,” terang Rumondor.

Lanjutnya lagi, terkait penghapusan data kendaraan yang dimutasi akan dilakukan dengan melihat waktu, sehingga bila itu sudah dihapus datanya, maka tidak mudah utnuk kembali mendaftar, bahkan bisa disita karena tak ada data kendaraannya.

“Program ini sangat baik di Sulut, sehingga dapat membantu baik dalam pengungkapan kejahatan karena datanya sudah ada, serta sistem registrasinya dapat segera diakses, sehingga kedepan optimis program ini akan dapat diterapkan, diseluruh kantor UPTD Samsat di Sulut,” pungkasnya. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on