“Pramuka Adalah Wadah Pembentukan Karakter Generasi Bangsa”

Reporter : | 29 Aug, 2014 - 23:03 WITA

SULUT, (manado24.com) – Pramuka adalah wadan untuk pembentukan generasi bangsa kedepan. Demikian ditegaskan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Dr Sinyo Harry Sarundajang (SHS) selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Sulut, di upacara memperingati Hari Pramuka ke-53 tahun 2014, yang dilaksanakan di Lapangan KONI Manado, Jumat (29/8/2014).

Menurut dia, era globalisasi dewasa ini, penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, manusia tetap menjadi faktor penentu yang paling utama. Untuk itu, membangun manusia yang memiliki karakter dalam membangun bangsa harus memiliki watak yang kuat dan cerdas termasuk mempunyai budi pekerti yang luhur.

“Oleh karena itu, gerakan pramuka menjadi wadah pembentukan karakter generasi bangsa, dan menjadi generasi yang mampu menghadapi berbagai persoalan di negeri ini serta sanggup untuk menatap masa depan dengan lebih baik,” tandas Sarundajang, ketika membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Lanjutnya, kaum muda saat ini dihadapkan pada dua masalah besar yaitu yang berkaitan dengan masalah sosial dan masalah kebangsaan. Masalah sosial diantaranya penggunaan napza dan obat terlarang, seks bebas dan aborsi, tawuran dan kekerasan serta kriminalitas remaja. Sedangkan masalah kebangsaan antara lain solidaritas sosial rendah, semangat kebangsaan rendah, semangat bela negara rendah, dan semangat persatuan dan kesatuan rendah.

“Maka lewat eksistensi gerakan pramuka ini, generasi muda akan dibentuk untuk lebih mandiri dan saling menghargai dalam bingkai NKRI,” tandasnya. SHS sapaan familiar Sarundajang, mengharapkan gerakan pramuka terus diarahkan pada pemantapan pembinaan karakter, dan memantapkan komitmen terhadap empat pilar kehidupan bangsa, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulut Vanda Sarundajang menambahkan, setiap anggota pramuka harus pantang menyerah, dan dapat membentuk karakter yang mandiri dan pramuka harus mampu secara bersama-sama meningkatkan kualitas gugus depan sebagai wahana pendidikan karakter bangsa.

Sekadar informasi, dalam upacara pramuka ini diserahkan penghargaan gerakan pramuka kepada beberpa orang yang telah memberikan jasa dan pengabdian untuk meningkatkan aktivitas gerakan pramuka di Sulut. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on