Kota Religius dan Pendidikan Dikemas Jadi Destinasi Wisata di Kota Tomohon

Reporter : | 30 Aug, 2014 - 11:23 WITA

Kota Religius, wisata, tomohon, Meijesschool , Focus Group Discussion

Judie J Turambi SH

TOMOHON, (manado24.com) – Kota Tomohon yang dijuluki Kota Religius dan Kota Pendidikan direkomendasikan dan dikemas menjadi Destinasi Pariwisata Kota Tomohon.

Ini merupakan hasil kesimpulan Focus Group Discussion (FGD) yang digelar Jumat (29/08/2014) di Walian Coffee House. Kegiatan ini merupakan kerjasama Komunitas Pencinta Sejarah Tomohon dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tomohon.

Koordinator Komunitas Pencinta Sejarah Tomohon Judie J Turambi SH mengungkapkan, ini sangat relevan mengingat background historical atau latar belakang sejarah para zendeling (utusan injil protestan), NZG Belanda, misionaris Belanda dan para Kepala Walak telah meletakkan dasar dan berperan dalam penyebaran injil di Distrik Tomohon, Distrik Kakaskasen dan Distrik Sarongsong ketika itu.

‘’Permulaan abad sembilan belas bahkan abad-abad sebelumnya masa Spanyol dan Portugis, Tomohon sudah dikunjungi pewarta-pewarta injil Protestan dan Katolik serta tokoh-tokoh pendidikan dan peneliti,’’ jelas Turambi seraya menambahkan hal ini membuat Tomohon terkenal sejak dulu.

Di bidang pendidikan, dulu ada sekolah Meijesschool atau sekolah Nona, Jongenshool atau Sekolah Nyong, Kweekschool, Gubernemenschool, STOVIL, Normaischool dan lainnya.

Hendrikus ‘Ben’ Palar, sejawaran Katolik yang  menjadi nara sumber pada diskusi tersebut sangat mengharapkan kawasan-kawasan yang dulunya menjadi pusat awal aktivitas penginjilan dan pendidikan seperti Kawasan Gereja Sion Tomohon, WEks SPBU Pusat Kota Tomohon, Kawasan Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Kolongan , Kawssan Persekolahan  GMIM di Talete IIdan Matani I, persekolahan Katolik Paslaten II dan Kolongan supaya tetap dipertahankan karena bernilai sejarah.

Diskusi itu sendiri turut dihadiri Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak. ‘’Ini sangat baik mengingat sejarah sangat penting juga bagi kita sekalian,’’ tukas walikota. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on