Mulai 1 Agustus, Pemerintah Batasi Konsumsi BBM Bersubsidi

Reporter : | 01 Aug, 2014 - 10:57 WITA

JAKARTA, (manado24.com) – Agar kuota BBM bersubsidi tidak jebol tahun ini, mulai 1 Agustus pemerintah akan mulai membatasi konsumsi BBM di sejumlah wilayah Indonesia. BBM jenis premium akan ditiadakan di SPBU di jalan tol.

“Per 1 Agustus layanan minyak solar di wilayah Jakarta Pusat dihapuskan. Kemudian pada 6 Agustus, dengan koordinasi bersama Pemda (SKPD), volume minyak solar untuk nelayan bisa ditekan sebesar 20 persen. Juga pada 6 Agustus, layanan premium di tol juga dihilangkan,” kata perwakilan Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), Ibrahim Hasyim, dikutip dari bphmigas.go.id, Kamis (31/07/2014).

(Baca Juga: Pembatasan Penyaluran Solar Akan Berdampak Pada Kenaikan Harga Barang)

Ibrahim mengatakan, tindakan ini diambil agar kuota BBM bersubsidi tidak jebol tahun ini.

“Pengendalian merupakan respon dari penetapan kuota BBM bersubsidi dalam APBN-P 2014 yang turun dari 48 juta kiloliter menjadi 46 juta kiloliter,” ungkap Ibrahim.

Ibrahim menegaskan, surat edaran telah disebarkan kepada badan usaha dan instansi terkait dan sudah melalui pembahasan intensif dengan Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan, dan Pertamina. BPH Migas juga telah merevisi kuota kabupaten/kota.

“Apabila ada badan usaha menjual minyak solar dan premium melebihi dari 46 juta kiloliter, maka subsidinya tidak akan dibayarkan pemerintah,” sebut Ibrahim.

Diketahui, dalam APBN-P 2014, sudah diputuskan bahwa volume BBM bersubsidi tidak boleh melebihi kuota yaitu 46 juta kiloliter.

Pembatasan Penyaluran Solar Akan Berdampak Pada Kenaikan Harga Barang

BPH Migas juga telah merevisi kuota kabupaten/kota

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on