Pabrik di Cina Meledak, 68 Pekerja Dinyatakan Tewas

Reporter : | 02 Aug, 2014 - 21:36 WITA

Suzhou, cina, pabrik cina,  Zhongrong Metal Products Company

Para pekerja pabrik yang menderita luka bakar serius di sekujur tubuhnya (foto: reuters)

BEIJING, (manado24.com) – Setidaknya 68 orang tewas dalam ledakan yang terjadi di pabrik Cina yang menjadi salah satu pemamasok perusahaan mobil asal Amerika, General Motors.

Ledakan di Kunshan, Provinsi Jiangsu, menyebabkan sedikitnya 187 pekerja terluka sebagian besar menderita luka bakar parah.

Dari foto-foto yang ambil oleh warga menunjukkan asap hitam mengepul dari pabrik dan para korban yang hangus diangkut ke truk-truk besar untuk dibawa ke rumah sakit.

Pabrik ini dioperasikan oleh Zhongrong Metal Products Company, yabg adalag sebuah perusahaan Taiwan yang menurut website-nya didirikan pada tahun 1998.

Bisnis utama pabrik adalah melapisi dan memoles campuran aluminium pada sambungan roda untuk General Motors dan perusahaan lain.

Zhou Xu, 26, yang bekerja di dekat pabrik tersebut mengatakan dikutip dari Mail Online, Sabtu (02/07/2014): “Kami mendengar ledakan yang sangat keras di sekitar pukul 7 pagi ini dan kami bergegas keluar dari asrama.

“Pertama ambulans datang, dan berita muncul di media, banyak keluarga para terutama istri, langsung bergegas membuka situs untuk melihat apakah suami mereka baik-baik saja.”

Salah satu penjaga keamanan mengatakan ledakan tersebut menghancurkan jendela rumah rumahnya yang jaraknya setengah kilometer dari pabrik.

Ada lebih dari 200 pekerja di lokasi kejadian saat ledakan terjadi, pemerintah kota mengatakan kepada kantor berita Xinhua.

Lebih dari 120 orang yang terluka telah dikirim ke rumah sakit di Kunshan, dekat kota Suzhou.

Tim penyelamat mengeluarkan lebih dari 40 mayat dan sekitar 20 orang lainnya meninggal di rumah sakit, menurut laporan Xinhua

Ledakan itu diyakini disebabkan oleh partikel-partikel halus dari debu dan bubuk logam yang digunakan untuk memoles dop roda menyala di udara. Itu mungkin telah melakukan kontak dengan percikan, permukaan panas atau percikan listrik dari mesin. Jika udara dipenuhi dengan debu, ledakan bergelombang akan terjadi di lantai pabrik.

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on