Kota Bitung Kandidat Percontohan LCMT

Reporter : | 08 Aug, 2014 - 10:34 WITA

BITUNG, (manado24.com) – Wakil Walikota Bitung Max Lomban, mengatakan bahwa Kota Bitung menjadi salah kandidat kota dengan emisi karbon rendah atau yang dikenal dengan Low Carbon Model Town (LCMT) yang akan mewakili Indonesia, setelah Surabaya dan Tomohon mengundurkan diri sebagai kandidat LCMT for Indonesia.

Hal ini disampaikan Lomban, menyusul adanya kunjungan Asia Pasific Energy Research  Center (APERC) LCMT task force dari Jepang didampingi tim Kementrian ESDM, beberapa waktu lalu.

“Mereka (Tim ahli APERC) telah melihat kondisi kota Bitung terkait dengan tingkat penggunaan emisi CO2 dengan meninjau lokasi industri yang ada antara lain beberapa pabrik pengolahan ikan, Terminal Peti Kemas Bitung, dan lokasi yang akan dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus” kata Lomban.

Dikatakan Lomban, , Chrisnawan Anditya yang merupakan APERC Researcher Senior, mengatakan sesaat setelah tim selesai melakukan peninjaun lokasi, bahwa Kota Bitung, sangatlah tepat untuk dikembangkan menjadi LCMT kota Industri pertama kawasan Asia Pacific.

“Dari kunjungan tim ahli ini akan dievaluasi sebagai input/analisis dan selanjutnya tim akan kembali lagi untuk melaksanakan Feasibility Study APEC Low Carbon Town Project yang dalam pelaksanaanya akan dibiayai sepenuhnya oleh APEC APERC,” katanya.

Diketahui Tim APEm kunjungannya dipimpin oleh Dr Kazutomo Irie, bersama Masato Takahashi, Manager di Hitachi, Ltd juga sebagai LCMT Task Force Japan, Takashi Otsuki sebagai APERC Researcher. Dalam peninjauannya tim APERC LCMT didampingi Kepala Bappeda kota Bitung Audy Pangemanan bersama dengan Badan Pengelola Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu (KAPET) Manado-Bitung yakni Dr Magdalena Wullur dan  Alfa Tumbuan, PhD serta Staf Fungsional Bapedda Provinsi Sulawesi Utara Henrieette Jacoba Roeroe MSc. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on