Vicky Lumentut Tegaskan Tolak RUU Pemilukada

Reporter : | 13 Sep, 2014 - 23:40 WITA

Tolak RUU Pemilukada

Lumentut bersama pengurus Apeksi dan Apkasi ketika menolak RUU Pemilukada. (foto ist)

MANADO, (manado24.com) – Walikota Manado DR. G.S. Vicky Lumentut, menegaskan menolak Rancangan Undang-Undang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) yang akan kembali dilakukan Anggota DPRD.

Menurut Lumentut selaku Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), berdasarkan paparan nara sumber dan paparan para Kepala Daerah yang hadir dalam rapat Apeksi di Jakarta, menolak tegas pemilihan kepala daerah dikembalikan kepada Dewan.

“Dalam rapat yang kami (Apeksi) lakukan, Pemilukada Gubernur, Bupati dan Walikota, tetap dipilih langsung oleh rakyat. Pemilukada melalui Dewan, bertentangan dengan demokrasi, sebab dewan dianggap mengamputasi hak rakyat memilih pemimpinnya secara langsung,” jelas Lumentut.

Lanjut dia, Apeksi mendesak partai Koalisi Merah Putih mengubah keputusan mereka, dan melakukan Pemilukada melalui suara rakyat.

“Jika keputusan itu tak berubah, kami berharap pemerintah lewat Kementerian Dalam Negeri bersikap tegas. Dan jika pun tetap tak ada perubahaan keputusan dan kemudian disahkan, kami akan mengajukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi,” tandas Lumentut.

Menariknya, dalam aksi penolakan RUU Pemilukada yang dilaksanakan Apeksi dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dengan mengangkat sejumlah tulisan diantaranya “Jangan Pasung Demokrasi’ dan lain sebagainya, Lumentut mengaku baru pertama kali melakukan hal tersebut.

“Pertama kali dalam hidup saya lakukan ini demi rakyat. Kami menolak pilkada di DPRD,” tulis Lumentut pada foto yang diupload di akun facebook-nya. (su)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on