KPK Pantau Kinerja Polda dan Kejati Sulut

Reporter : | 20 Sep, 2014 - 21:30 WITA

SULUT, (manado24.com) – Ada hal menarik dalam dialog antara Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) DR. Abraham Samad, dengan para LSM Pegiat Anti Korupsi (PAK) dan sejumlah jurnalis di Sulut, Jumat kemarin di lokasi Pameran Pembangunan Sulut di Kaiwatu Manado.

Menurut Samad, keberhasilan kerja dari KPK akan terlihat jika mampu memperbaiki sistim di kepolisian dan kejaksaan.

“Kinerja kita akan dilihat berhasil kalau berhasil perbaiki sistim di kepolisian dan kejaksaan. Sebab, banyak laporan polisi tak beres, makanya korupsi sulit diberantas. Contohnya, jual beli kasus melalui pasal penuntutan. Untuk itu, kami pantau kegiatan aparat kepolisian dan kejaksaan di daerah (termasuk di Sulut),” tegasnya Samad, dalam dialog yang turut dihadiri Gubernur Sulut DR. Sinyo Harry Sarundajang (SHS), Sekdaprov Sulut Ir SR Mokodongan, dan sejumlah pejabat Eselon II Pemprov Sulut.

Menurut dia, KPK setiap harinya menerima laporan masuk terkait kasus korupsi, sekitar 30 sampai 40 laporan. Namun, hanya 10 persen yang memenuhi syarat ditindaklanjuti melalui investigasi.

“Tapi itu lagi sebelumnya dilakukan dengan skala prioritas. Apalagi kasus yang sedang ditangani Kepolisian dan Kejaksaan, namun diduga ada istilah “86”-nya,” tandas Samad. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on