Pemkab Minahasa Gelar Bimtek Anti Korupsi

Reporter : | 20 Sep, 2014 - 23:58 WITA

TONDANO, (manado24.com) – Pemkab Minahasa menggelar Bimbingan Teknis Pelaporan Rencana Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi, di ruang Rapat Bapelitbangda Minahasa.

Kabag Humas dan Protokol Minahasa Agustifo Tumundo, mengatakan, tujuan kegiatan ini guna mewujudkan pemerintahan yang bersih, dan bebas dari praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

“Tujuan rencana aksi pemberantasan dan pencegahan korupsi ini, untuk wewujudkan pemerintahan di Minahasa yang bersih dan bebas dari praktek korupsi, serta meningkatkan mekanisme pelaporan melalui Sistem Monitoring UKP4 dimana SKPD dan Bagian selaku Penanggung Jawab,” tandas Tumundo.

Dalam bimtek tersebut tambah Tumundo, melahirkan beberapa usul seperti, membentuk kelembagaan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) bagi Pemda yang belum membentuk kelembagaan PTSP (Bagian Ortal), melimpahkan kewenangan penerbitan perizinan dan non perizinan di daerah kepada lembaga PTSP (Bagian Hukum atau SKPD terkait), publikasi standar pelayanan terpadu satu pintu pada lembaga PTSP, penyediaan sarana dan mekanisme penyelenggaraan penanganan pengaduan layanan PTSP, pembentukan dan penguatan Tupoksi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) utama dan pembantu (Bagian Humas atau SKPD terkait).

“Termasuk meningkatkan transparansi pengelolaan anggaran daerah, publikasi dokumen rencana pembangunan daerah dan rencana kerja SKPD (Bapelitbangda), dan pelaksanaan transparansi proses pengadaan barang dan jasa.

Seperti diketahui, kegiatan yang dibuka Kepala Bapelitbangda Minahasa Ir. Jacky Walukow, menampilkan Nara sumber Aldrin Anis SP MT dari Bappeda Sulut dan diikuti oleh Kadis ESDM Drs Donald Wagey MBA, Sekban Bapelitbangda Basaria Tiara Desika Gaol MM, Sekdis PU James Kanter ST, Kasubid Dinas PKAP Yolly Palandi, Irban Inspektorat Daudson Rombon ST, Sekdis Nakertrans Nancy Mawuntu SS, KTU KPPT Meilianan Dewi, Kabid Disperindag Israel Wenas, Kabid Bankesbangpol Rutni Saerang, Kasubag Dinas Pariwisata Meity Kaseger, Kasubag Protokol Bagian Humas dan Protokol Shanti Lengkong SSTP dan Kasubag Bagian Pembangunan Daud Kandow ST. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on