Warga Keluhkan Penerapan Program Universal Coverage Pemkot Manado

Reporter : | 21 Sep, 2014 - 18:16 WITA

MANADO, (manado24.com) – Dalam rangka membantu masyarakat kuhususnya dalam pelayanan kesehatan, Pemkot Manado mengeluarkan program Universal Coverage (UC) atau pelayanan kesehatan gratis bagi warga Kota Manado.

Namun, program UC tersebut dikeluhkan sejumlah masyarakat, lantaran tetap dimintai bayaran oleh pihak rumah sakit yang bekerjasama dengan Pemkot Manado terkait program UC tersebut.

Salah satu buktinya, ketika Walikota Manado DR. G.S. Vicky Lumentut, belum lama ini melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Rumah Sakit Umum (RSU) Pancaran Kasih, dan kemudian menerima berbagai keluhan dari keluarga pasien terkait program UC. Menurut mereka, pihak rumah sakit tetap meminta bayaran walaupun mereka sudah menggunakan program UC.

“Tak ada yang bayar-bayar. Program UC gratis bagi masyarakat Kota Manado,” tandas Lumentut kepada warga.

Dia pun meminta, Rumah Sakit yang bekerjasama dengan Pemkot Manado melaksanakan program UC, harus konsisten dalam memberikan pelayanan gratis bagi masyarakat

“Saya akan minta instansi terkait dalam hal ini Dinas Kesehatan Manado, untuk menindaklanjuti laporan-laporan warga ini,” lanjut Lumentut.

Seperti diketahui, enam RS bekerjasama dengan Pemkot Manado dalam pengelolaan program UC, yakni RSU Pancaran Kasih, RSUD Ratumbuysang, RS Bhayangkara, RS Advent Manado, RSU Sitti Maryam, dan RSUP Prof Kandow Malalayang. (su)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on