Bahaya Membeli Lensa Kontak Secara Online

Reporter : | 22 Sep, 2014 - 14:29 WITA

lensa kontak, Acanthamoeba,  amuba,

(foto: morguefile)

MANADO24 – Pemakai lensa kontak yang menghindari klinik mata dan membeli langsung dari internet, mempertaruhkan kemampuan penglihatan mata mereka, ahli mata memperingatkan.

Mereka mungkin telah menghemat uang, tetapi mereka juga menempatkan diri mereka dalam risiko terkena infeksi mata yang berbahaya.

Situs internet yang menjual lensa kontak tanpa melihat resep diyakini merupakan sebagian besar penyebab masalah.

Kasus infeksi mata yang disebabkan jenis amuba yang disebut Acanthamoeba – yang merusak kornea – telah dua kali lipat terjadi sejak 2010, kata Profesor John Dart, dari Moorfields Eye Hospital di London dikutip dari Mail Online, Senin (22/09/2014).

Dia mengatakan kecenderungan pembelian di internet telah memberi kontribusi terhadap kenaikan, karena orang-orang tidak lagi menjalani pemeriksaan mata.

Ini penting untuk mengetahui tanda-tanda awal infeksi dan memastikan orang-orang tahu tentang kebersihan lensa kontak, Prof Dart menjelaskan.

(BACA JUGA: Pakai Lensa Kontak Terus Menerus, Mata Wanita ini Buta Dimakan Parasit)

“Mereka memutuskan untuk menghemat uang dengan menghindari pemeriksaan lensa kontak. Tapi, pemeriksaan ini sangat penting, bukan hanya untuk melihat apakah resep perlu diubah, tetapi juga untuk memeriksa kesehatan mata. Anda menempatkan benda asing di mata Anda, dan penting mata Anda diperiksa untuk memastikan lensa kontak yang Anda pakai tidak merugikan mata Anda.”

Infeksi dimulai ketika lensa kontak yang terkena amuba karena misalnya, pemakai menyimpannya dalam air bukannya di larutan garam steril, atau memakainya saat mandi.

Jika gejala awal diketahui, dapat diobati dengan obat, tetapi jika tidak, infeksi parah bisa melukai mata. Dalam sepertiga kasus, kornea terluka sangat parah dan perlu dicabut dan digantikan kornea baru dari pendonor.

Prof Dart telah melihat peningkatan tujuh kali lipat kasus infeksi yang secara resmi disebut Acanthamoeba keratitis di klinik Moorfields sejak 2010, naik dari 11 per tahun menjadi sekitar 80 kasus.

Untuk menghindari lensa kontak terinfeksi, hindari perilaku termasuk menjilati lensa kontak untuk dibasahi karena terjatuh, berenang di sambil mengenakan lensa, menyentuh dengan tangan kotor dan lain-lain.

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on