Golkar Incar Ketua DPRD Minahasa, Gerindra dan Demokrat Wakil Ketua

Reporter : | 23 Sep, 2014 - 11:55 WITA

TONDANO, (manado24.com) – Peta politik di DPRD Minahasa dikuasai oleh koalisi merah putih. Tak heran, Komposisi perolehan kursi koalisi merah putih memungkinkan mereka untuk meraih kursi Ketua DPRD dan Wakil Ketua.

Partai Golkar sendiri menempatkan sembilan kadernya duduk di DPRD Minahasa. Kemudian Gerindra dan Demokrat masing-masing meraih 5 kursi. Artinya, jika ditotalkan kolalisi merah-putih berjumlah 19 kursi, atau dibanding dengan koalisi PDI-P 11 kursi, NasDem 3 kursi, PKPI dan Hanura masing-masing 1 kursi maka kekuatan PDI-P untuk meraih kursi Ketua DPRD Minahasa bisa dibendung koalisi merah putih, kalau ternyata uji materi MD3 di MK di tolak.

Tak heran dinamika terus terjadi di DPRD Minahasa. Golkar yang merupakan bagian dari koalisi merah putih mematok kursi Ketua DPRD, sedangkan Gerindra dan Demokrat untuk dua orang Wakil Ketua.

“Kami harus berupaya agar kursi ketua dan wakil ketua tetap dalam gengaman koalisi merah putih,” urai Ketua DPD 2 Partai Golkar Careig N Runtu.

Situasi ini jelas tak menguntungkan PDI-P sebagai pemenang Legislatif, sebab bisa dipastikan PDI-P gigit jari alias tak bisa mendapatkan kursi ketua. Namun rasa optimis muncul di sanubari PDI-P sebab menurut perkiraan uji materi MD3 pasti diterima artinya pemenang Pileg otomatis menduduki ketua DPRD. Bahkan rasa optimis pun makin melebar tatkalah Demokrat menyatakan niatnya untuk bergabung dengan PDI-P dan koalisinya.

“Kami optimis kursi ketua DPRD Minahasa sudah di tangan kami, tinggal waktu yang akan menjawab, di barengi upaya-upaya PDI-P untuk bermanufer,” terang Sekretaris DPC PDI-P Minahasa Drs Dharma Palar. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on