Ditetapkan Jadi IHP, Sekkot Bitung Minta Dukungan Masyarakat

Reporter : | 24 Sep, 2014 - 09:44 WITA

BITUNG, (manado24.com) – Pelabuhan Samudera Bitung kini ditetapkan sebagai International Hub Port (IHP) oleh pemerintah pusat. Guna suksenya program ini Sekertaris Kota Bitung Edison Humiang, meminta dukungan seluruh elemen masyarakat, termasuk menjaga situasi agar tetap kondusif.

“Dukungan warga penting. Aapalagi ditetapkannya pelabuhan samudera Bitung sebagai IHP, akan menunjang peningkatan ekonomi masyarakat,” kata Humiang.

Pelabuhan Bitung, IHP Bitung, Bitung Hub Port, BitungDipaparkan Humiang, ditetapkannya pelabuhan Bitung sebagai IHP, oleh pemerintah sebagaimana Peraturan Presiden (PP) Nomor 32 Tahun 2011 tentang MP3EI Tahun 2011–2025, Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2012 tentang Cetak Biru Pengembangan SISLOGNAS dan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 144 Tahun 2013 tentang Penetapan Rencana Induk Pelabuhan Nasional.

“Serta Amanat Undang-Undang No 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran pada Pasal 150 bahwa Pelabuhan Utama yang berfungsi sebagai IHP harus ditetapkan pemerintah,” jelas Humiang

Di Indonesia sendiri kata Humiang, hanya dua Pelabuhan Hub Internasional yang ditetapkan pemerintah yakni untuk Bagian Barat adalah Pelabuhan Kuala Tanjung Kab. Batubara dan untuk Bagian Timur adalah Pelabuhan Bitung Kota Bitung.

“Kedua pelabuhan ini merupakan Pintu Masuk Indonesia  ke atau dari Luar Negeri.Dan agar dapat berkompetisi dengan pelabuhan International Negara lain di sekitar Indonesia akan dibuat roadmap dan langkah pelaksanaan Pengembangan IHP,” pungkasnya. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on