Pemprov Sulut Raih Penghargaan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Tahun 2014

Reporter : | 24 Sep, 2014 - 22:55 WITA

penghargaan AKIP

Wagub Sulut Djouhari Kansil, Asisten III Nikson Watung, Karo Orpeg Jemmy Ringkuangan, Kabag Tata Laksana Judhistira Siwu, ketika menerima penghargaan AKIP

JAKARTA, (manado24.com) – Komitmen Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) dalam membangun tata kelola pemerintahan yang baik, akhirnya kembali mendapat apresiasi baik dari pemerintah pusat.

Kali ini, daerah yang dipimpinan Gubernur DR. Sinyo Harry Sarundajang, Wakil Gubernur DR. Djouhari Kansil MPd dan Sekdaprov Ir. S.R. Mokodongan, mendapat penghargaan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (AKIP) Baik Tahun 2014, dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Penghargaan AKIP ini, diserahkan Wakil Presiden RI Boediono didampingi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar, di Istana Wakil Presiden, Rabu (24/9/2014), diterima Wagub Kansil didampingi Asisten III bidang Administrasi Umum N Watung, Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian (Orpeg) Jemmy Ringkuangan, AP, MSi, serta Kabag Tata Laksana di Biro Orpeg Judhistira A.K. Siwu, SE, MSi.

Dalam sambutan Wapres Boediono, menekankan penghargaan ini diberikan bagi daerah yang memberikan pelayanan baik. Namun, pelayanan ke masyarakat juga harus lebih diperbaiki.

“Upaya pemerintah memberikan pelayanan yang baik sudah cukup banyak. Kunci dari pembangunan salah satu dari sektor publik, dimana ketika sektor publik dibangun dengan baik, roda pemerintahan akan berjalan dengan baik juga,” ujar Wapres Boediono, sembari mengatakan harus ada keseimbangan antara penghargaan dan kinerja, dimana diberikan penghargaan juga bagi para pegawai yang ada di lapangan.

Lanjutnya, penilaian kinerja kali ini lebih memperdalam sasaran penilaian, dengan mengukur tingkat pencapaian hasil yang menciptakan dampak pada kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk itu kepada daerah atau lembaga yang belum mendapat penghargaan ini, diharapkan lebih memantapkan kinerjanya agar kedepan bisa mendapatkan penghargaan,” ungkapnya.

Sementara Wagub Kansil mengatakan, penghargaan ini bisa dikatakan bergengsi lantaran hanya Pemprov Sulut yang meraih predikat baik dari seluruh provinsi di pulau Sulawesi ,dan di kawasan timur Indonesia.

“Kami memberikan terimakasih juga kepada jajaran Pemprov Sulut, yang telah bekerja memberikan pelayanan terbaik sehingga mendapat apresiasi dari pemerintah pusat,” ujar Kansil.

Kedepan menurut Kansil, sistem akuntabilitas yang ada di Pemprov Sulut akan terus ditingkatkan, perencanaan dan penerapan E Goverment akan terus dikembangkan.

“Penghargaan ini merupakan kado bagi Sulut yang baru saja merayakan Tahun Emas,” tandas Kansil.

Karo Orpeg Jimmy Ringkuangan menambahkan, penghargaan ini dilaksanakan atas penilaian Indikator kinerja utama, dokumen perencanaan, renstra, Renja sampai hingga RPMJ dan pengawasan terhadap kinerja instansi yang dilakukan inspektorat.

“Pelaksanaan semua kegiatan di pemprov Sulut ini, sudah dilaksanakan dengan baik. Akan tetapi, Pemprov Sulut akan mempertahankan dan meningkatkan kinerja pelayanan bagi masyarakat,” tandas Ringkuangan. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on