IKAPTK Sulut Tolak Pemberlakuan UU ASN

Reporter : | 25 Sep, 2014 - 10:19 WITA

SULUT, (manado24.com) – Setelah sebelumnya menyatakan penolakan terhadap RUU Pilkada, Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Sulut, juga menyatakan penolakan atas pemberlakuan Undang-Undang nomor 5 tahun 2014, tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menurut Ketua IKAPTK Sulut Drs. Mecky Onibala, didampingi Sekertaris IKAPTK Jemmy Ringkungan, ada yang aneh dalam UU ASN. Pasalnya, dalam salah satu pasalnya menyebutkan, seorang PNS bukan hanya mundur dari jabatannya jika mau ikut Pilkada, namun diminta berhenti sebagai PNS.

“Kami desak Undang-Undang ASN segera direvisi,” tandas keduanya.

Mereka menilai, UU ASN sangat diskriminatif dan mengangkangi kaderisasi PNS, termasuk pengekangan hak demokrasi. Dalam pasal 119 dan 123 ayat (3) UU ASN Nomor 5 Tahun 2014, menyebutkan seorang PNS yang akan mencalonkan diri menjadi Presiden dan Wakil Presiden, Ketua, Wakil ketua, dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Ketua, Wakil ketua, dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Gubernur dan Wakil gubernur, Bupati/walikota dan Wakil bupati/Wakil walikota), diwajibkan mundur dari jabatan PNS.

Sementara hak konstitusional PNS selaku warga Negara, sebagaimana yang dijamin oleh UUD 1945 yakni; Pasal 27 ayat (1), bersisikan segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya, dan Pasal 28 (D) ayat (3) yang berbunyi setiap warga negara berhak memperoleh kesempatan yang sama dalam pemerintahan’.

“Nah, akibat pemberlakuan undang-undang ASN ini, menimbulkan konsekuensi diskriminasi persamaan hak didepan hukum dan pemerintahan bagi seorang PNS,” ketus Onibala dan Ringkuangan. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on