Jarang ‘Keluar’ Rumah ? Hati-hati Penyakit Jantung dan Kanker Mengincar Anda

Reporter : | 26 Sep, 2014 - 11:39 WITA

vitamin D, kesehatan, kanker, jantung,

(foto: morguefile)

MANADO24 – Ribuan orang dewasa paruh baya bisa beresiko tinggi terkena penyakit tulang, penyakit jantung, kanker dan diabetes karena kurangnya vitamin D, penelitian menunjukkan.

Ditemukan bahwa rata-rata 1 dari 10 pria dan wanita berusia 40 sampai 80 tahun kekurangan vitamin D – mungkin karena mereka menghabiskan terlalu banyak waktu di dalam ruangan.

Namun, studi yang dilakukan oleh Cambridge University juga menemukan bahwa jika memiliki tingkat vitamin D yang berlebihan, paling mungkin untuk meninggal.

Vitamin ini diketahui memainkan peran penting dalam beberapa reaksi kimia dan telah terbukti dapat melindungi terhadap kanker, penyakit jantung, diabetes dan meningkatkan kesuburan.

Para peneliti mengamati 14.641 pria dan wanita berusia 42-82  mulai tahun 1997-2012.

Mereka menemukan bahwa 9 persen dari laki-laki dan 13 persen wanita tidak memiliki vitamin D yang cukup.

Sumber terbesar vitamin D berasal dari reaksi matahari pada kulit, hal ini juga ditemukan pada ikan berminyak seperti salmon dan mackerel dan susu.

Tingkat ideal vitamin D dalam darah adalah antara 50 sampai 90 nanomol per liter, dengan kurang dari 30 nanomol per liter dianggap kurang.

Namun studi menemukan bahwa jika kadar vitamin D dinaikan 20 nanomol per liter, kemungkinan sekarat berkurang 8 persen.

Profesor Kay-Tee Khaw dari Departemen Kesehatan Masyarakat dan Perawatan Primer, Universitas Cambridge, mengatakan dikutip dari Mail Online, Jumat (26/09/2014): “Data kami menunjukkan bahwa sedikit peningkatan dalam vitamin D dapat meminimalkan jumlah orang dengan tingkat vitamin D yang sangat rendah. Hal ini dapat dicapai dengan mengkonsumsi suplemen harian vitamin D atau makan ikan berminyak dua atau tiga kali seminggu dan meningkatkan aktivitas fisik, karena kita lebih efisien dalam memproduksi vitamin D jika kita aktif secara fisik.

“Kita hanya perlu sekitar 20 menit sehari di atas sinar matahari untuk memastikan bahwa kita memiliki tingkat vitamin D yang cukup, dan harus hati-hati karena kita tahu bahwa paparan sinar matahari secara berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker kulit.” tambahnya.

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on