Lumentut: Bantuan Bencana Untuk Manado dari Pemerintah Pusat Belum Ada!

Reporter : | 26 Sep, 2014 - 22:46 WITA

MANADO, (manado24.com) – Walikota Manado DR. G.S .Vicky Lumentut menegaskan, bantuan bencana dari pemerintah pusat untuk korban korban bencana alam banjir bandang 15 Januari 2014 silam, hingga kini belum ada.

Penegasan Lumentut tersebut, sekaligus menjawab tudingan maupun isu-isu negatif yang berkembang di masyarakat, jika dana bantuan pemerintah pusat sudah diambil Pemkot Manado ataupun dirinya.

“Bayangkan saja sudah ada yang berpikir bantuan bencana dari pemerintah pusat sudah digunakan Pemkot Manado ataupun saya. Dana tersebut hingga kini belum juga ada. Tapi tak mengapa, inilah resiko jadi pelayan masyarakat harus siap menerima keluhan dan kritikan warga,” ungkap Lumentut, ketika menghadiri kegiatan pelatihan Disaster Risk Financing (DRF) kerja sama dengan proyek Asia Development Bank (ADB) tahap II Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat, di Hotel Swisbell Maleosan Manado, Jumat (26/9/2014).

Menurut Lumentut, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado dibawa pimpinan Kaban Max Tatahede, untuk tak tidur melihat semua persoalan yang ada.

“Agar isu-isu miring yang berkembang di masyarakat, bisa terjawab,” tandasnya.

Disisi lain, terkait pelatihan DRF harus benar-benar diikuti secara serius BPBD Manado, agar permasalahan penanggulangan bencana hingga pemulihan wilayah, bisa di atasi secara cepat dan tepat dengan memprioritaskan kebutuhan maupun penderitaan warga yang terkena musibah.

“Pelatihan DRF ini penting dan bermanfaat, jadi Kaban Tatahede harus serius mengikutinya jangan sampai tidak tahu kedepannya,” tegas Lumentut.

Tambah dia, kegiatan pelatihan penanggulangan bencana seperti ini tak lain bertujuan untuk melindungi masyarakat dari ancaman bencana, sehingga mengurangi atau mencegah dampak kerugian baik korban jiwa maupun harta benda masyarakat.

Adapun hajatan ini turut dihadiri Kadiskominfo Kota Manado, Hanny Waworuntu, Kadispenda, Bismark Lumentut, Kaban BPBD, Max Tatahede, serta sejumlah utusan BNPB pusat. (su)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on