Pilkada oleh DPRD, Sejumlah Warga Bitung Kecewa

Reporter : | 27 Sep, 2014 - 08:45 WITA

BITUNG, (manado24.com) – Pemilihan Kepala daerah oleh anggota DPRD yang diputuskan pada agenda Voting DPR RI beberapa waktu lalu, dimana 226 anggota DPR RI yang tergabung dalam koalisi merah-putih menyatakan dukungan terhadap  pilkada DPRD dan 135 mendukung pilkada langsung, terus menuai kekecewaan sejumlah masyarakat di Kota Bitung.

Warga menilai pilkada oleh DPRD yang diputuskan oleh DPR RI, adalah pemasungan terhadap hak demokrasi masyarakat.

(BACA JUGA: Dharma Palar: Pilkada Tak Langsung Kebiri Hak Rakyat)

“Itu sama saja 226 anggota DPR RI yang menyatakan dukungannya terhadap pilkada DPR RI, telah merampas hak jutaan penduduk di Indonesia dalam berdemokrasi,” kata Rocky Oroh yang menyatakan dengan tegas menolak pilkada oleh DPRD.

Harusnya kata Oroh, 226 anggota DPR RI yang mendukung pilkada oleh DPRD, melihat kondisi dan keinginan masyarakat luas bahwa Kepala daerah harus dipilih langsung masyarakat bukan sebaliknya.

(BACA JUGA: IKAPTK Sulut Tegaskan Tolak RUU Pilkada)

“Sebab tidak mungkin anggota DPRD ketika memilih dapat mewakili suara rakyat. Ini namnaya kemunduran demokrasi,” ketusnya.

Senada salah satu tokoh masyarakat kota Bitung Nico Walone, menilai pilkada oleh DPRD menunjukan bahwa  “orang-orang yg menamakan dirinya wakil rakyat” yang duduk di Senayan (sebutan untuk gedung DPR RI) mendukung pilkada  DPRD telah memasung dan membelenggu hak demokrasi masyarakat.

(BACA JUGA: RUU Pilkada tak Langsung Disahkan, Sumendap-Kandoli Gugat di MK)

“Pemilihan kepala daerah secara tidak langsung kontradiktif dengan UUD 1945, karena Kedaulatan berada di tangan rakyat bukan di tangan wakil rakyat,” tukasnya. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on