12 Kabupaten/Kota di Sulut Belum Usulkan Peresmian Pengangkatan Pimpinan DPRD

Reporter : | 28 Sep, 2014 - 23:22 WITA

SULUT, (manado24.com) – Sebanyak 12 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), hingga kini belum mengusulkan peresmian pengangkatan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) ke Pemprov Sulut melalui Biro Pemerintahan dan Humas.

12 Kabupaten/Kota dmaksud adalah Kota Manado, Tomohon, Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Minahasa Utara, Minahasa Tenggara, Bolaang Mongondow, Bolmong Timur, Bolmong Selatan, Bolmong Utara, Talaud, dan Sitaro.

“Baru tiga daerah yang mengusulkan dan akan segera diproses terkait peresmian pengangkatan Pimpinan DPRD, yakni Kota Bitung, Kabupaten Sangihe, dan Kabupaten Minahasa Selatan,” ujar Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Setdaprov Sulut Dra Lynda Watania MSi.

Menurut dia, pihak DPRD Kabupaten/Kota yang belum menyampaikan pengisian alat kelengkapan DPRD terutama para Pimpinan DPRD, untuk segera dilaksanakan.

Pasalnya, banyak kepentingan rakyat yang tertunda dan sementara menunggu hasil pengisian Pimpinan DPRD, contohnya pelaksanaan APBD Perubahan yang harus disahkan Pimpinan DPRD definitive, baru bisa dilaksanakan.

“Jika masih terdapat friksi secara internal dari Partai Politik yang secara ketentuan wakilnya berhak menjadi pimpinan DPRD, maka hendaklah hal itu segera dapat diselesaikan dengan melihat kepentingan rakyat yang lebih besar. Sebab, APBD Perubahan di Kabupaten/Kota tak bisa berjalan dan harus menunggu pengesahan Ketua DPRD Definitif. Disatu sisi banyak terdapat program kegiatan dalam APBD Perubahan, dan mendesak untuk segera dilakukan. Kalau semakin lama, waktu pelaksanaannya semakin singkat sehingga nantinya takkan maksimal,” terang Watania.

Ditambahkan mantan Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian serta mantan Kepala Biro Ekonomi Sulut ini, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan DPRD Tentang Tata Tertib DPRD, pasal 45 ayat (4), Pimpinan DPRD Kabupaten/Kota mengusulkan peresmian pengangkatan calon pengganti Pimpinan DPRD Kabupaten/Kota kepada Gubernur melalui Bupati/Walikota. “Ketika usulan sudah disampaikan, prosesnya akan segera ditindaklanjuti Gubernur Sulawesi Utara,” jelas Watania. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on