Pemkot Tomohon Gelar Substitusi Alat UTTP bagi Pedagang

Reporter : | 01 Oct, 2014 - 09:39 WITA

Pemkot Tomohon, tomohon, UTTP, Alat Ukur Takar TimbangTOMOHON, (manado24.com) – Pemerintah Kota Tomohon lewat Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Tomohon Selasa (30/09/2014) melaksakan kegiatan Substitusi Alat Ukur Takar Timbang Dan Perlengkapannya (UTTP) bagi Pedagang Tahun 2014.

Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Pasar Segar Beriman Kota Tomohon Kelurahan Paslaten I Kecamatan Tomohon Timur.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Tomohon JA Tulus SH mengatakan,tujuan dilaksakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman pelaku usaha dalam bidang metrology legal, menyebarkan informasi tentang percepatan peningkatan daerah tertib ukur, meningkatkan usaha perlindungan konsumen dan untuk meningkatkan kesadaran pelaku usaha dalam penggunaan alat UTTP yang benar dan sah.

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dalam arahannya mengatakan, proses pengukuran atau penyelengaraan kegiatan metrology legal diatur melalui undang-undang nomor 2 tahun 1981 tentang metrology legal.

”Ini bertujuan untuk melindungi kepentingan umum melalui adanya jaminan dalam kebenaran pengukuran serta adanya ketertiban dan kepastian hukum dalam pemakaian satuan ukuran, standart satuan, metode pengukuran dan alat-alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya,” kata walikota.

Selanjutnya Walikota Tomohon menyerahkan secara simbolis kepada para pedagang bantuan alat timbang bagi para 150 orang pedagang yang ada di pasar beriman Kota Tomohon dengan tujuan agar terciptanya tertib ukur di Kota Tomohon.

”Kiranya bantuan timbangan ini akan semakin menjamin kebenaran harga dan kepercayaan dalam hal timbangan atau ukuran,” tukas walikota.

Peserta yaitu para pedagang Pasar Beriman Kota Tomohon dan pedagang informal di wilayah Kota Tomohon. Hadir juga pada kegiatan ini Asisten Ekonomi dan Pembangunan Ir Vonny F Pontoh, Pelaksana Tugas PD Pasar Drs Eddy Turang MM. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on