Wagub Sulut Harap Generasi Muda Tak Terjebak dengan Paham Radikalisme

Reporter : | 01 Oct, 2014 - 17:03 WITA

Hari Kesaktian Pancasila di Provinsi Sulut

SULUT, (manado24.com) – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), menghimbau generasi muda di daerah ini untuk tak terjebak dengan paham radikalisme atau paham yang bertentangan dengan pancasila.

“Salah satu fenomena di era globalisasi saat ini, terjadinya lintas batas nilai-nilai antar bangsa bahkan antar komunitas termasuk kelompok masyarakat. Di antara nilai atau paham yang melintas batas itu, adalah radikalisme. Paham ini selalu memiliki karakter yang paling benar dan mengabaikan hak-hak dasar orang lain. Kita semua harus hindari itu.” Ujar Wakil Gubernur Sulut DR. Djouhari Kansil M.Pd, ketika bertindak selaku inspektur Upacara dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di halaman kantor gubernur Sulut, Rabu (1/10/2014).

Kata dia, radikalisme dan paham sejenis lainnya sangatlah bertentangan dengan Pancasila. Hal itu harus dihadapi bersama, dengan menghormati dan menghargai kebhinekaan.

“Mari terus perkuat Pancasila yang menunjukan bangsa ini mampu hidup berdampingan secara damai, harmonis, dan penuh toleransi, dengan siapa saja yang berbeda latar belakang agama, suku, ras, adat istiadat dalam bingkai NKRI. Sebab, paham radikalisme sangat bertentangan dengan nilai-nilai luhur Pancasila,” tukasnya.

Kansil menambahkan, nilai-nilai Pancasila harus terus ditumbuhkembangkan kepada semua generasi, terutama generasi penerus bangsa melalui pendidikan secara efektif. Kata dia, lewat sistem pendidikan, penggalian, penanaman, pengembangan, dan pengalaman nilai Pancasila dapat dilakukan secara sistemik, sistematik, dan secara masif.

Dalam upacara ini, Inspektur Sulut Drs. Mecky M. Onibala, MSi, membacakan ikrar Hari Kesaktian Pancasila. Sementara doa dibawakan Kakanwil Kemenag Sulut Drs. H. Sa’ban Mauludin, MPdi.

Turut hadir dalam upacara ini, Sekdaprov Sulut Ir. S.R. Mokodongan, dan para Pejabat serta pegawai Pemprov Sulut. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on