Tumbelaka Desak Pengisian Alat Kelengkapan DPRD se-Sulut Segera Dirampungkan

Reporter : | 01 Oct, 2014 - 23:55 WITA

SULUT, (manado24.com) – Pengamat politik dan pemerintahan di Sulawesi Utara (Sulut) Ir. Taufik Tumbelaka, mendesak supaya pengisian alat kelengkapan DPRD termasuk pimpinan DPRD di Provinsi Sulut dan di Kabupaten/Kota, segera dilakukan.

Menurut Tumbelaka, jangan sampai lambatnya penetapan pimpinan DPRD definitive ini, berdampak buruk pada penyerapan anggaran dalam APBD- Perubahan 2014 ini atau bisa saja mubasir.

“Kalau pendefinitifan pimpinan DPRD tak segera dilakukan, dipastikan anggaran APBD-Perubahan akan mubasirApalagi tahun 2014 ini tinggal 3 bulan ke depan,” tegasnya.

Lanjutnya, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan DPRD Tentang Tata Tertib DPRD, pasal 45 ayat (4), berisikan Pimpinan DPRD Kabupaten/Kota mengusulkan peresmian pengangkatan calon pengganti Pimpinan DPRD Kabupaten/Kota kepada Gubernur melalui Bupati/Walikota.

“Dengan adanya pimpinan DPRD definitif, program kegiatan di APBD Perubahan akan jalan. Sebab semakin lama, waktu pelaksanaannya semakin singkat sehingga nantinya tak akan maksimal,” kata Tumbelaka.

Seperti diketahui, sebelumnya Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Setdaprov Sulut Dra. Lynda Watania, Msi, mengatakan jika Kabupaten/Kota yang mengusulkan peresmian pengangkatan Pimpinan DPRD se-Sulut, baru dilakukan Kota Bitung, Kabupaten Sangihe dan Minahasa Selatan. Sementara pendefinitifan pimpinan DPRD Sulut, sudah diusulkan Gubernur Sulut ke Mendagri. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on