88 Pendata Bangunan Gedung di Kota Tomohon Ikut Pembekalan

Reporter : | 02 Oct, 2014 - 16:22 WITA

TOMOHON, (manado24.com) – Pemerintah Kota Tomohon lewat Dinas Tataruang Pertamanan dan Persampahan (Tarumansa) Kamis (02/10/2014 melaksanakan pembekalan bagi 88 tenaga pendata bangunan gedung di Aula Lantai III Kantor Walikota Tomohon.

Kepala Dinas Tarumansa Dra Lilly E Solang MM mengatakan, pendataan oleh Tim Pendata Bangunan Gedung berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Tarumansa nomor 25 tahun 2014.

”Tim pendata berasal dari¬† unsur masyarakat keterwakilan dari setiap kelurahan yang ada di Kota Tomohon,” ujar Solang.

Payung hukumnya lanjut Kadis,  berdasarkan Peraturan Daerah Kota Tomohon Nomor 4 Tahun 2014 Tentang Bangunan Gedung yang mengacu pada Undang-Undang Nomor 28 tahun 2002 tentang Bangunan Gedung (UUBG) dan Peraturan Pemerintah Nomor 36 tahun 2005 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang 28 tahun 2002.

”Salah satu tujuan ini adalah sebagai landasan terselenggaranya pengendalian pembangunan,” tambahnya.

Pendataan akan dilaksanakan selama satu bulan yakni selama bulan Oktober.

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dalam arahannya mengatakan bahwa penyelenggaraan bangunan gedung perlu diatur dan dibina demi kelangsungan dan peningkatan kehidupan serta penghidupan masyarakat, sekaligus mewujudkan bangunan gedung yang fungsional, andal serasi dan selaras dengan lingkungannya.

”Untuk menjamin kepastian dan ketertiban hukum dalam penyelengaraan bangunan gedung, maka setiap bangunan gedung harus memenuhi persyaratan administratif¬† dan teknis bangunan gedung yang diselenggarakan secara tertib,” kata walikota.

Pendataan bangunan gedung merupakan unsur yang sangat penting untuk mendukung pelaksanaan kegiatan pembangunan.

”Melalui pembekalan ini diharapkan dapat memperkaya wawasan dan meningkatkan pemahaman serta kapabilitas tim pendataan bangunan gedung di Kota Tomohon,” tukas walikota. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on