Tokmas Ratatotok Berharap Pihak Bersengketa di Lokasi Tambang Berdamai

Reporter : | 02 Oct, 2014 - 23:51 WITA

Pertemuan membahas keamanan di Ratatotok

Pertemuan membahas keamanan di Ratatotok

RATATOTOK, (manado24.com)- Tokoh Masyarakat (Tokmas) Ratatotok berharap sengketa lahan tambang Padang Tua yang berada di Wilayah Kecamatan Ratatotok yang sementara berproses hukum di Polda Sulut serta PN Tondano, segera berakhir dengan damai.

Tokmas Ratatotok Drs Haji Kasim Mololonto SH usai meninjau langsung lokasi sengketa lahan tambang Padang Tua, bersama sejumlah wartawan, mengatakan berusaha merangkul semua komponen masyarakat, terutama para Tokmas, untuk memediasi persoalan tersebut agar bisa berakhir damai, tanpa ada pertikaian, yang berujung pada kerugian bagi masyarakatnya sendiri, terutama bagi masyarakat penambang.

“Tadi sewaktu di lokasi, saya juga menyampaikan kepada Ketua BKSUA Kecamatan Ratatotok Pdt Dr Berty Motulo STh, kalau bisa ada upaya mediasi untuk duduk bersama, guna penyelesaian sengketa tersebut. Dan, Pak Pendeta merespon baik hal ini,” ungkapnya.

Untuk mengamankan lokasi, sejumlah personil Brimobda Sulut telah turun ke lokasi. “Kami ditugaskan di sini berdasarkan Sprint Wakapolda. Dan yang akan siap siaga disini ada sepuluh personil anggota Brimob untuk mengamankan barang-barang yang berstatus sitaan,” ujar AKP Darsono.

Masyarakat kata Darsono, bisa melakukan aktivitas tambang di lokasi dengan alasan kemanusiaan. “Kita manusia juga kan, jadi kalau mereka datang untuk mencari untuk kebutuhannya, dan tidak melakukan tindakan berlawanan hukum, kita persilahkan. Namun, mereka tetap kita awasi,” kata Komandan Brimob yang bertugas di lokasi tambang tersebut.(ten)

 

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on