“Kasus MaMi Fiktif di Setdaprov Sulut Harus Segera Dituntaskan”

Reporter : | 03 Oct, 2014 - 22:56 WITA

NSCW: TGR Tak Akan Gugurkan Adanya Indikasi Tindak Pidana Korupsi  

SULUT, (manado24.com) – Kasus dugaan Makan Minum (MaMi) di Setdaprov Sulawesi Utara (Sulut) dengan nilai Rp. 8,8 Miliar, harus segera dituntaskan. Hal itu ditegaskan Ketua North Sulawesi Corruption Watch (NSCW) Harold Lumempouw SH.

Menurutnya, aparat penegak hukum harus segera masuk dan melakukan penyidikan dan penyelidikan (Lidik), atas kasus yang menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulut untuk APBD Pemprov Sulut Tahun 2013 lalu. ”Supaya tak melebar ataupun menjurus pada fitnah, kasus MaMi harus segera dituntaskan,” tandas Lumempow.

Apalagi kata dia, kasus ini telah dilaporkan Gubernur Sulut DR. Sinyo Harry Sarundajang (SHS), ke Polda Sulut 16 September 2014 lalu.

“Artinya, walaupun dilakukan TGR, tak akan menggugurkan adanya indikasi tindak pidana korupsi. Nah, lebih cepat selesai akan lebih baik,” nilai Lumempow.

Disisi lain, dia pun menyinggung beberapa prasangka terkait laporan kasus MaMi ini ke Polda Sulut, yakni pertama, mengapa gubernur sendiri melaporkan kasus ini ke Polda Sulut? Kedua, apakah untuk menghindari bidikan Komisi Pemberantas Korupsi (KPK)?, dan ketiga ntuk mendapatkan nilai plus supaya bisa masuk di jajaran Kabinet Presiden/Wapres RI terpilih Joko Widodo/Jusuf Kalla.

“Dengan semakin cepat kasus ini dituntaskan, semua dugaan-dugaan yang terus berkembang akan terjawab. Intinya, aparat segera masuk,” tegas Lumempow.

Seperti diketahui, BPK Sulut membeberkan rincian dana kasus MaMi fiktif di Setdaprov Sulut ini, dimana indikasi kerugian belanja senilai Rp. 8.891.721.906, terbagi atas Rp 310.400.000 belanja jasa kesenian. Rp.302.456.000 belanja sewa tenda. Rp.26.400.000 belanja sound systim. Rp.294.521.200 pengeluaran yang tak dapat dijelaskan peruntukannya. Dan Rp.7.957.944.706 untuk pengeluaran bayar hutang kegiatan tahun 2012 dan untuk kegiatan yang tidak dianggarkan. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on