Terpilih Sejak 2012, Hukum Tua Ratatotok Satu Belum dilantik

Reporter : | 06 Oct, 2014 - 18:48 WITA

RATATOTOK, (manado24.com) – Memiriskan, nasib yang dialami Stien Porajow, Hukum Tua (Kumtua) terpilih Desa Ratatotok Satu Kecamatan Ratatotok. Pasalnya, sejak terpilih sebagai Kumtua dengan meraih suara terbanyak pada Desember 2012 lalu, hingga kini belum juga dilantik.

Meskipun Porajow telah mengantongi salinan Putusan Pengadilan Negeri (PN) Tondano No : 196/Pid.B/2013/PN.TDO, namun dirinya belum juga dilantik. Putusan PN Tondano tersebut berhubungan dengan dugaan ijazah palsu yang dikantonginya.

“Sekarang ini sudah jalan hampir dua tahun, saya belum juga dilantik. Padahal saya sudah memegang putusan dari pengadilan, yang mana apa yang disangkakan kepada saya, itu tidak terbukti,” tutur Porajow kepada manado24.com.

Diungkapkannya, persoalan ini terjadi ketika dirinya terpilih sebagai hukum tua  pada 8 Desember 2012 silam. Diduga sejumlah oknum yang tak menginginkannya menjadi kumtua, melaporkannya terkait ijazah palsu, sehingga pihak Pemkab Mitra belum melantiknya sampai saat ini.

“Memang proses hukumnya memakan waktu yang lama. Namun, ketika saya sudah memenangkan perkara, dan tidak terbukti apa yang dituduhkan mereka, tapi saya belum juga dilantik,” terangnya.

Lebih lanjut, Porajow mengatakan beberapa waktu yang lalu, Camat Ratatotok sudah meminta copyan surat keputusan PN, dan akan mengurusnya. “Begitu juga pihak Pemkab Mitra melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) melakukan hal yang sama, akan tetapi sampai saat ini saya tak pernah dilantik,” keluhnya.

Kepala BPMPD Mitra Bernad Mokosandib, ketika dikonfirmasi mengenai hal tersebut mengatakan, pihaknya belum bisa melakukan pelantikan kepada Porajow, karena masih ada gugatan dari lawan. “Masih ada gugatan yang dilayangkan pihak lawan ketingkat yang lebih tinggi, sehingga kami belum belum bisa melantiknya. Jika proses hukum telah selesai dan mempunyai keputusan tetap, baru akan kami lantik,” kata Mokosandib.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on