Dinkes Sulut Turun Lapangan Atasi Penyebaran Firus Difteri di Kota Manado

Reporter : | 07 Oct, 2014 - 20:09 WITA

SULUT, (manado24.com) – Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), langsung mengambil langkah dengan turun lapangan mengatasi penyebaran firus difteri di yang ditemukan di Kelurahan Karame, Kota Manado.

Menurut Kadinkes Sulut dr. Grace L Punuh Mkes, pihaknya bersama Dinas Kesehatan Kota Manado, melakukan penyuluhan kesehatan tentang penyakit difteri, serta melakukan pemberian imunisasi difteri tambahan kepada anak-anak usia 2 bulan, bahkan sampai 15 Tahun di kelurahan Karame kecamatan Wawonasa baru-baru ini.

“Langkah yang kami lakukan ini, akan dilanjutkan secara bertahap di Kelurahan yang berbatasan langsung, termasuk di Sekolah-Sekolah di lingkungan Kelurahan se Kecamatan Wawonasa,” ujar Punuh.

Kata dia, masyarakat dihimbau waspada terhadap gejala penyakit ini, sambil tetap menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh.

“Firus difetri merupakan penyakit infeksi yang disebabkan Corynebacterium diphtheria. Bakterinya menyerang balita usia 4-8 bulan, tapi bisa dapat juga menyerang semua golongan umur yang status imunisasi difterinya tak lengkap atau antibodinya tak cukup protektif,” tukas Punuh.

Lanjut dia, sumber penularan firus ini pada manusia, dengan cara penyebarannya lewat udara.

“Gejalanya seperti demam kurang lebih 38 derajad, terbentuknya lapisan putih keabuan (pseudomembrane,red) yang tak mudah lepas, mudah berdarah di tenggorokan, sakit menelan, leher membengkak, dan sesak nafas,” terang Punuh, sembari menambahkan jika mendapati gejala-gejala seperti ini, segera ketempat pelayanan kesehatan terdekat.

“Kalau ada gejala seperti itu, harus langsung dibawa ke tempat pelayanan kesehatan,” imbuhnya. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on