Wagub Sulut Imbau Warga Waspadai Penyebaran Difteri

Reporter : | 08 Oct, 2014 - 16:33 WITA

SULUT, (manado24.com) – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Djouhari Kansil MPd, menghimbau warga di daerah Bumi Nyiur Melambai untuk mewaspadai penyerbaran penyakit difteri, yang belum lama ini ditemukan di Kelurahan Karame, Kota Manado.

difteri, wabah difteri, waspada difteriMenurut Kansil, Dinas Kesehatan se-Sulut diharapkan berperan dalam mengatasi kasus difteri yang baru dan yang pertama ditemukan di daerah ini.

“Dinas Kesehatan di Sulut diharapkan terus melakukan pendeteksian kasus yang merupakan hasil konfirmasi dari balai besar laboratorium Kesehatan di Surabaya ini,”  tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Sulut dr. Grace L Punuh Mkes mengatakan, gejala penyakit difetri ini, merupakan penyakit infeksi yang disebabkan Corynebacterium diphthera. Dimana bahkteri ini menyerang balita usia 4 sampai 8 bulan namun dapat juga menyerang semua golongan umur yang status imunisasi difterinya tak lengkap atau antibodinya tak cukup protektif.

“Sumber penularannya pada manusia, dengan cara penyebarannya terutama lewat udara. Gejala-gejala yang harus diwaspadai seperti demam ±38 oC, terbentuknya lapisan putih keabuan (pseudomembrane) yang tak mudah lepas serta mudah berdarah di tenggorokan, sakit menelas, leher membengkak seperti leher sapi, dan sesak nafas,” jelas Punuh, sembari menambahkan jika mendapati gejala-gejala seperti ini agar segera ke tempat pelayanan kesehatan terdekan. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on