Pemkab Mitra Hentikan Aktivitas PT SEJ di Desa Kalait Raya

Reporter : | 08 Oct, 2014 - 19:45 WITA

RATAHAN, (manado24.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) menghentikan kegiatan eksplorasi atau penelitian lanjutan PT SEJ di lokasi Perkebunan Teneman, Desa Kalait Raya, Touluaan Selatan Minahasa Tenggara (Mitra).

Penghentian ini dilakukan karena perusahaan tersebut tidak mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Hal ini terungkap ketika tim dari Pemkab Mitra melakukan kunjungan di wilayah tersebut. “Kami dapati PT SEJ sudah melakukan eksplorasi atau penelitian lanjutan tanpa meminta izin ke pemerintah daerah. Ini tentu melanggar undang-undang tentang pertambangan, ” tegas Camat Touluaan Selatan Nico Damongilala Rabu (8/10/2014).

Lanjut Damongilala, PT SEJ diminta untuk melaksanakan kewajiban sebagaimana diamanatkan Undang-Undang nomor 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara, Undang-Undang nomor 41 tahun 1999 pasal 50 ayat 3 huruf a, g, dan j tentang Kehutanan, serta Peraturan Pemerintah nomor 23 tahun 2010 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batu Bara.

Sementara, Bupati James Sumendap SH melalui Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Ir Denny Porajow mengatakan, pihaknya memberikan peluang sebesar-besarnya bagi investor yang ingin berinvestasi di daerah ini. Namun tentunya semua harus sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Prinsinya apabila SEJ telah melaksanakan kewajibannya, tentu sudah bisa melanjutkan kembali kegiatan eksplorasi atau penelitian lanjutan di lokasi itu,” kata Porajow. (ten)

 

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on