Gubernur Sulut Luncurkan Buku ‘’Ekonomi Biru Masa Depan Indonesia’’

Reporter : | 08 Oct, 2014 - 22:45 WITA

SULUT, (manado24.com) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Sinyo Harry Sarundajang (SHS), meluncurkan buku berjudul ”Ekonomi Biru Masa Depan Indonesia”.

Peluncuran buku ini, dilaksanakan di Bunaken Room Hotel Anana Kawanua Jakarta.

Dalam sambutannya, buku ini ditulis lewat pengalamannya saat menjadi Walikota Administrasi Kota Bitung selama 14 tahun, menjadi penjabat Gubernur Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara (Malut) yang berhubungan langsung dengan kelautan, dan akhirnya timbul ide –ide cemerlang untuk menggagas pelaksanaan WOC yang dihadiri 81 menteri kelautan se-dunia dan pelaksanaan CTI Summit yang menghadirkan 6 Kepala Negara di Manado.

“Penerbitan buku ini, sebenarnya bukan keahlian saya. Sebab saya tak memiliki latar belakang ilmu pendidikan tentang kelautan. Tapi karena permintaan serta didorong oleh jurnalis daerah maupun nasional, saya membagikan kepedulian pemikiran dan pandangan saya tentang kelautan dalam menerbitkan buku ini,” ujar Sarundajang.

Menariknya, dalam kesempatan itu Sarundajang mengharapkan agar lewat buku ‘Ekonomi Biru Masa Depan Indonesia’, dapat berguna apalagi bagi pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla kedepan, dimana peduli dengan kelautan dan kemaritiman.

“Sebab, ruang lingkup laut masih banyak yang diperlu kembangkan, untuk mensejahterakan masyarakat seperti lebih banyaknya pembuatan dermaga dan pelabuhan bagi masyarakat yang hidup di negara indonesia sebagai negara kepulauan,” terang SHS sapaan familiar Sarundajang.

Hadir sebagai nara sumber dalam membeda buku ini, Prof. Dr. Ikrar Nusa bakti (Pengamat politik dari LIPI), DR. Atmaji Sumarkijo (pengamat masalah politik dan meliter), Tarman Azam (wartawan senior,ketua penasehat PWI Pusat) dan Ny. Deetje Sarundajang Laoh Tambuwun, Freddy Numberi, Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang, Anggota DPD RI Fabian Sarundajang, Anggota DPRD Prov. Sulut Eva Sarundajang, SH, Prof. Dr. Rias Rasid, Wakil Walikota Bitung, IJTI, Prof. Dr. Tilaar, Edy Pratomo, Kapolda Sulut, para tokoh masyarakat Sulut. (ton)

 

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on