Tahun 2015, Disperindagkop Mitra Usulkan Rp5 Miliar untuk Pabrik Pengolahan Kelapa

Reporter : | 08 Oct, 2014 - 23:16 WITA

RATAHAN, (manado24.com) – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Perindustrian Perdagangan, koperasi (Disperindag) dan Pasar di tahun 2015 mengusulkan anggaran sebesar Rp5 Miliar untuk Pengadaan Peralatan Pengelolaan Minyak Kelapa dan Arang Tempurung di beberapa kecamatan di Mitra.

Kabupaten Minahasa Tenggara adalah salah satu daerah penghasil kopra terbanyak di Sulawesi Utara (Sulut). Hal ini dikatakan Kepala Dinas Perindagkop dan Pasar Fenggy Wurangian SE MSi melalui Kabid perindustrian Drs Sonny Kawalo, kepada wartawan Rabu (8/10/2014).

“Usulan ini untuk mengakomodasi potensi yang dimiliki Mitra,” ujar Kawalo. Menurutnya, saat ini usaha arang tampurung aktif yang ada, yakni Kelompok Tani Makmur produksinya masih terbatas sehingga belum bisa memenuhi permintaan konsumen.

”Ini diakibatkan kendala peralatan penunjang usaha yang masih minim,” katanya. Begitu juga dengan industri minyak kelapa. Kendati potensi baik bahan baku maupun tenaga kerja sangat berpotensi dan tersebar.

“Yang pasti dengan adanya bantuan alat penunjang industri kecil ini, akan sangat membantu perekonomian masyarakat Mitra,” ujarnya. Dengan rencana terssebut, para petani memberikan apresiasi terhadap Pemkab Mitra.

”Ini sangat bagus bagi kami sebagai petani. Pemerintah paham dan mau membantu menyiapkan kebutuhan kami,” kata Franky Tuda, warga Tombatu dan Noldy Manopo Warga Ratahan. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on