Konferensi Internasional Jurnalis Televisi Akan Hasilkan ‘Deklarasi Manado’

Reporter : | 09 Oct, 2014 - 21:55 WITA

Konferensi pers

Konferensi pers dalam rangka pelaksanaan Konferensi Internasional Jurnalis Televisi Asia-Pasifik di Manado, Sulawesi Utara.

MANADO, (manado24.com) – Konferensi Internasional Jurnalis Televisi Asia-Pasifik yang akan dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) 10 – 12 Oktober 2014 ini, direncanakan akan menghasilkan ‘Deklarasi Manado’.

“Deklarasi Manado ini berupa hasil kesepakatan dari pelaksanaan konferensi, yakni perlindungan jurnalis ketika melakukan peliputan, dan indepedensi televisi dalam penyajian berita. Deklarasi ini akan menjadi hadiah kami untuk Kota Manado dan insan Pers pada umumnya,” ujar Ratna Kumala selaku Ketua Panitia Pusat Konferensi Internasional Jurnalis Televisi Asia-Pasifik , dalam konferensi pers yang turut dihadiri Gubernur Sulut DR. Sinyo Harry Sarundajang (SHS) dan Ketua IJTI Sulut Amanda Komaling, yang dilaksanakan di Aston Hotel Manado, Kamis (9/10/2014).

Lanjutnya, dalam kegiatan yang mengangkat tema Peningkatan Kompetensi dan Profesionalisme Jurnalis Televisi di Era Persaingan Bebas Untuk Mensiasati Tekanan Politik, akan dilaksanakan launching Asosiasi Jurnalis Televisi Asia – Pasific.

“Kota Manado akan jadi tempat launching asosiasi jurnalis televisi Asia – Pasifik,” tandas Kumala.

Ditambahkan dia, terkait dipilihnya Sulut sebagai tuan rumah kegiatan internasional ini, guna melihat dari dekat kehidupan yang rukun dan damai daerah ini, serta sejumlah potensi wisata di Daerah Bumi Nyiur Melambai.

“Kenapa kami pilih Sulut sebagai tempat konferensi jurnalis televise ini? Karena kami ingin menyampaikan ke dunia, ada daerah di Indonesa dimana kehidupan dan toleransi antar umat beragama penuh pluralisme,” terang Kumala.

Sementara Gubernur Sarundajang dalam kesempatan yang sama, memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih, yang telah mempercayakan Sulut sebagai tuan rumah konferensi internasional jurnalis televisi ini.

“Pemrov Sulut sangat terbuka dan mendukung kegiatan bertaraf internasional ini. Sebab, lewat kegiatan ini diharapkan Sulut bisa lebih dikenal lagi dimata dunia, karena akan hadir sejumlah jurnasil televisi dari Negara asing yang akan mempublikasikan bagaimana kehidupan bermasyarakat di Sulut,” ujar Sarundajang.

Sementara Ketua IJTI Sulut Amanda Komaling mengatakan, tujuan konferensi ini, untuk memperluas network dan membangun kebersamaan antar anggota jurnalis televisi di negara-negara kawasan Asia Pasifik, lewat saling tukar informasi dan potensi negara masing-masing.

“Lewat konferensi ini, diharapkan menghasilkan pemikiran-pemikiran progresif yang dapat mengukuhkan jati diri, mengembangkan posisi tawar organisasi para jurnalis di Asia Pasifik dalam konteks jurnalistik positif, penegakan demokrasi, dan perdamaian dunia,” terang Komaling, sembari menambahkan direncanakan juga hadir dalam konferensi ini, Presiden terpilih Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on