Gubernur Sulut Harap Jurnalis Jaga Idealisme

Reporter : | 11 Oct, 2014 - 17:38 WITA

SULUT, (manado24.com) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Sinyo Harry Sarundajang (SHS), berharap agar jurnalis baik di tingkat daerah, nasional, maupun internasional, menjaga sikap idealisme. Hal tersebut disampaikannya, ketika membuta Konferensi Jurnalis Televisi Asia Pasifik, yang dilaksanakan di GKIC Manado, Jumat kemarin.

Bukan hanya itu, menurut Sarundajang jurnalis juga diharapkan memanfaatkan kebebasan pers untuk, membangun bangsa dan kedamaian dunia.

“Belajar dari pengalaman, bantuan jurnalis sangat penting dalam perdamaian. Sebab, lewat jurnalis memberikan informasi yang aktual bagi masyarakat tentang apa yang terjadi dilapangan. Oleh karena itu, peran jurnalis yang diakui begitu berat dengan berbagai tantangan dilapangan, harus terus berjuang memberikan informasi ke masyarakat,” ungkap SHS sapaan familiar Sarundajang.

Lanjut dia, lewat konferensi ini jurnalis diharapkan memberikan sumbangsi bagi pembangunan Indonesia, memberikan masukan baik bagi pemerintah, sebab salah satu fungsi pers ialah sebagai kontrol sosial.

“Peran jurnalis sangat stratgis dalam menjaga stabilitas negara Indonesia. Kepada seluruh peserta yang akan mengikuti konferensi ini, diharapkan juga bisa menikmati keindahan budaya dan wisata di Sulut. Manfaatkan waktu untuk belajar dan menggali potensi Sulut dimana Sulut berhasil menjadi satu daerah yang menjaga pluralisme,” pesan SHS.

Sementara Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pusat Yadi Hendriana dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Sulut yang telah banyak memberikan bantuan agar terlaksana kegiatan ini.

“Kegiatan konferensi ini, akan menghasilkan kesepakatan manado, dimana tujuannya untuk mengukuhkan lahirnya Asosiasi JurnalisTelevisi Asia Pasifik yang saat ini masih merupakan “bayi” organisasi jurnalis televisi regional,” ‘ata Yadi.

Lanjutnya, konferensi ini untuk memperluas network dan membangun kebersamaan antar anggota jurnalis televisi di negara-negara kawasan Asia Pasifik, melalui pertukaran informasi dan potensi negara masing-masing.

“Termasuk menghasilkan pemikiran-pemikiran progresif yang dapat mengukuhkan jati diri, mengembangkan  posisi tawar organisasi para jurnalis televisi Asia Pasifik dalam konteks jurnalistik positif, penegakan demokrasi, perdamaian dunia, serta menghasilkan gagasan-gagasan yang mampu meningkatkan kesejahteraan dan peningkatan kompetensi para anggotanya sejalan dengan penerapan Televisi Digital,” pungkasnya.

Diketahui, konferensi ini dihadiri ratusan jurnalis televisi se Indonesia dan beberapa perwakilan Jurnalis negara tetangga antara lain dari Australia, Filipina, Korea dan beberspa negara lainya.

Dalam acara pembukaan, Gubernur Sulut mendapatkan penghargaan Plakat ITJI Maluku dari rekan IJTI Maluku, karena Sarundajang memiliki peran besar dalam mendamaikan maluku. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on